Sukses

Nasi Goreng, Kuliner Nusantara yang Mendunia Ternyata Tidak Berasal dari Indonesia

Nasi goreng begitu mendunia hingga setiap 20 September diperingati sebagai National Fried Rice Day.

Liputan6.com, Yogyakarta - Nasi goreng menjadi kuliner yang akrab dengan lidah orang Indonesia. Kuliner Indonesia ini dapat ditemukan hampir di seluruh daerah di nusantara.

Namun, rupanya menu kuliner nasi goreng berasal dari negeri tirai bambu. Dikutip dari berbagai sumber, nasi goreng pertama kali dibuat di kota Yangzhou yang terletak di negara Cina yang kala itu terkenal dengan nama Yangzhou fried rice.

Sejarah nasi goreng bermula saat menu ini diciptakan untuk memanfaatkan sisa nasi dan lauk. Sekarang menu nasi goreng dapat ditemukan di berbagai negara seperti Malaysia, Thailand, Indonesia, dan bahkan di negara Peru yang dikenal dengan nama arroz chaufa.

Nasi goreng begitu mendunia hingga setiap 20 September diperingati sebagai National Fried Rice Day. Teknik memasak menu nasi goreng dengan menumis atau stir-fry di mana minyak goreng yang digunakan sedikit.

Kemudian bumbu dan bahan utama yaitu nasi dimasukkan lalu diaduk-aduk hingga tercampur rata. ANasi goreng mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia saat pedagang dari China berkunjung ke Kerajaan Sriwijaya di abad ke 10.

Para pedagang tersebut tidak menyukai makanan dingin sehingga mereka menggoreng nasi yang dicampur dengan bumbu. Sejak saat itu menu nasi goreng dapat ditemukan hampir di seluruh pelosok Indonesia hingga saat ini.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Variasi Bumbu Nasi Goreng

Variasi bumbu dan bahan yang digunakan untuk memasak nasi goreng berbeda-beda dari satu daerah dengan daerah yang lain. Ada 104 jenis nasi goreng di Indonesia.

Sekitar 36 dari 104 jenis nasi goreng ini dapat diketahui asalnya, misalnya bumbu atau rempah yang digunakan dan takaran. Bhakan 59 dari 104 jenis nasi goreng yang ada di Indonesia tidak diketahui sumber atau asalnya.

Kemudian sisanya yaitu 9 jenis nasi goreng terbuat dari bahan campuran contohnya seperti nasi dengan jagung atau nasi dengan mi. Dua bumbu yang selalu digunakan saat hendak memasak nasi goreng adalah bawang putih dan bawang merah.

Namun ada beberapa nasi goreng nusantara yang terkenal di Indonesia misalnya seperti nasi goreng kambing, nasi goreng seafood, nasi goreng babat, dan nasi goreng ijo.

Meskipun sejarah nasi goreng bukan asli nusantara, menu kuliner ini berhasil bercampur dengan budaya setempat. Bahkan nasi goreng menjadi menu kuliner nusantara khas daerah di Indonesia.

Seperti nasi goreng babat terkenal di daerah Jawa Tengah tepatnya di kota Semarang. Selain menggunakan bahan nasi putih, menu ini menggunakan babat. Kemudian ada nasi goreng mawut atau magelangan yang terkenal di Jawa Tengah, nasi goreng kuah khas Kediri, hingga nasi goreng merah khas Makassar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.