Sukses

Hari Guru Sedunia, Berikut Cara Sederhana Merayakan Bersama Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Liputan6.com, Bandung - Setiap 5 Oktober, diperingati sebagai Hari Guru Internasional atau Hari Guru Sedunia. Peringatan ini dimulai setiap tanggal 5 Oktober sejak 1994.

Tujuan diperingatinya Hari Guru Internasional adalah untuk memberikan dukungan kepada para guru di seluruh dunia dan meyakinkan mereka bahwa keberlangsungan generasi pada masa depan ditentukan oleh guru.

Menurut UNESCO, Hari Guru Sedunia mewakili sebuah kepedulian, pemahaman, dan apresiasi yang ditampilkan demi peran vital guru, yaitu mengajarkan ilmu pengetahuan dan membangun generasi.

Dilansir dari laman UNESCO, Hari Guru Sedunia merupakan hari jadi adopsi 1966 tentang Rekomendasi ILO/UNESCO tentang Status Guru. Rekomendasi ini menetapkan tolok ukur mengenai hak dan tanggung jawab guru dan standar untuk persiapan awal dan pendidikan lanjutan mereka, rekrutmen, pekerjaan, dan kondisi belajar mengajar.

Adapun Rekomendasi Status Tenaga Pengajar Perguruan Tinggi diadopsi pada 1997 untuk melengkapi Rekomendasi 1966 dengan mencakup tenaga pengajar dan peneliti di pendidikan tinggi.

Dengan diadopsinya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 4 tentang pendidikan, dan target khusus (SDG 4) yang mengakui guru sebagai kunci pencapaian agenda Pendidikan 2030, Hari Guru Internasional telah menjadi kesempatan untuk menandai kemajuan dan merefleksikan cara untuk melawan tantangan yang tersisa untuk promosi profesi guru.

Untuk merayakan Hari Guru Sedunia, berikut cara sederahana buat kamu para murid yang saat ini masih menimba ilmu di sekolah.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Berikutnya

Mengutip laman Pijar, platform dunia pendidikan, ada enam cara merayakan Hari Guru Internasional. Perayaan ini dilakukan semata sebagai ucapan terima kasih terhadap jasa-jasa guru.

1. Berikan hadiah

Kamu tetap bisa memberikan hadiah kepada guru. Tidak perlu hadiah yang mahal, kadang membuat bunga dari kertas crepe hasil karya sendiri juga sudah bisa menjadi hadiah yang sangat berkesan untuk guru. Bila perlu, kamu juga bisa janjian dengan teman-teman untuk membuat atau membeli hadiah untuk guru.

2. Berikan surat ucapan rasa terima kasih

Hadiah rasanya belum lengkap kalau belum ada surat ucapan terima kasih. Di surat tersebut, kamu tidak hanya perlu mengungkapkan rasa terima kasih, tapi tuliskan juga pesan dan kesan baik tentang guru.

Bila perlu, kamu dan teman-teman bisa janjian untuk mengumpulkan satu dokumen yang berisi kumpulan surat-surat untuk guru. Kumpulan surat ini tidak harus selalu dikirim dalam bentuk hard copy atau dalam bentuk yang sudah di print, kamu juga bisa mengirimkannya dalam bentuk soft copy dan mengirimkannya ke email guru.

3. Bernyanyi untuk guru

Hari Guru rasanya belum lengkap kalau belum menyanyikan hymne guru.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Tunjukan sikap yang baik

Hal paling penting yang bisa kamu lakukan untuk merayakan hari guru adalah menunjukkan sikap yang baik pada guru, misalnya dengan mendengarkan saat guru memberikan materi di kelas, mengerjakan tugas dengan sebaik mungkin, dan tidak melawan pada guru. Tapi ingat hal ini seharusnya tidak hanya dilakukan saat merayakan hari guru saja, melainkan juga setiap hari tanpa adanya hari besar apa pun.

5. Foto bersama

Merayakan hari guru rasanya belum lengkap kalau belum foto bersama guru tercinta. Pada Hari Guru Internasional tahun ini, kamu juga bisa melakukan foto bersama guru-guru dan teman-temanmu.

6. Buat video

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat video ucapan terima kasih atas jasa yang telah diberikan guru selama ini. Bila perlu, kamu juga bisa menggabungkan video ucapan tersebut dan memberikannya pada guru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.