Sukses

Jenis Mangga Paling Populer di Indonesia, Mana Favoritmu?

Liputan6.com, Yogyakarta - Salah satu buah yang memiliki banyak manfaat adalah mangga. Buah yang mudah ditemukan dan banyak tumbuh di segala musim ini memiliki rasa manis dan ada juga yang memiliki perpaduan rasa antara manis dan asam.

Teksturnya pun lembut, tetapi tak jarang ada juga buah mangga yang memiliki sedikit kasat serat. Di Indonesia, mangga tidak hanya tersedia dalam satu jenis saja.

Berikut tujuh jenis mangga paling populer di Indonesia:

1. Mangga Alpukat

Mangga alpukat asal Pasuruan ini sempat viral karena bentuknya yang terlihat seperti alpukat. Biji pada mangga jenis ini mudah dibuang, yakni dengan cara mengiris daging buahnya secara melingkar, kemudian dibuka layaknya alpukat.

Mangga alpukat memiliki serat yang sangat halus. Hal inilah yang menyebabkan mangga jenis ini mudah dibuka dan dipisahkan dari bijinya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Mangga Apel

2. Mangga Apel

Seperti namanya, mangga apel memiliki bentuk seperti buah apel. Mangga jenis ini umumnya berwarna hijau dan tak jarang memiliki semburat warna kemerahan di kulitnya.

Mangga apel memiliki aroma yang harum. Karena rasanya yang masam, kini banyak petani telah membudidayakan mangga apel yang memiliki rasa manis juga.

3. Mangga Gedong Gincu

Mangga gedong gincu banyak dibudidayakan di Cirebon dan Indramayu. Disebut gedong gincu karena warna kulitnya yang kuning sekaligus sedikit kemerahan, layaknya gincu atau lipstik.

Warnanya yang khas ini pun menjadi ciri yang paling tampak dari mangga gedong gincu. Uniknya, warna kuning kemerahan yang ada pada kulitnya juga tampak pada bagian isinya.

Terkadang beberapa orang dan pedagang menyebut mangga gedong gincu dengan istilah mangga Indramayu. Bentuknya berbeda dengan mangg pada umumnya, yaitu lebih bulat dengan rasa manis segar dan sedikit masam.

4. Mangga Golek

Mangga golek tumbuh baik di dataran rendah. Tak hanya di Indonesia, mangga jenis ini juga terdapat di beberapa kawasan Asia Tenggara.

Ciri khas dari mangga jenis ini terletak pada bentuk buahnya yang memanjang dengan ujung sedikit meruncing. Kulitnya berwarna hijau dengan bintik-bintik kelenjar putih sedikit kehijauan.

Saat matang, daging mangga golek berwarna kuning sedikit oranye, tekstur lembut dan tidak berserat, serta mengandung banyak air. Karena hal inilah, mangga golek sangat cocok untuk dijadikan jus.

 

3 dari 3 halaman

Mangga Harum Manis

5. Mangga Harum Manis

Sudah bisa ditebak dari namanya, ciri khas dari mangga harum manis adalah rasanya yang manis dengan aroma harum. Ciri khas yang paling nampak dari mangga jenis ini adalah pada ujung buah terdapat lekukan seperti paruh yang terlihat cukup jelas.

Tekstur daging buahnya tebal, lunak, serta berwarna kuning dengan semburat oranye di bagian tengah. Mangga harum manis ini memiliki sedikit serat.

6. Mangga Madu

Sekilas, mangga madu memiliki bentuk memanjang yang mirip dengan mangga gadung. Namun, ada juga beberapa jenis mangga madu yang tidak berbentuk memanjang.

Saat matang, kulit mangga madu akan berwarna kuning atau oranye cerah. Seperti namanya, mangga madu memiliki rasa yang sangat manis, sekalipun belum matang.

7. Mangga Manalagi

Mangga manalagi memiliki bentuk dan rasa perpaduan antara mangga golek dengan mangga harum manis. Bentuknya memanjang, mirip seperti mangga golek, tetapi dengan ukuran yang lebih kecil.

Pada bagian ujung, mangga jenis ini memiliki lekukan seperti mangga harum manis. Sementara itu, pada bagian kulitnya juga terdapat bintik yang menyerupai mangga golek.

Mangga manalagi memiliki rasa yang manis, hampir menyerupai mangga harum manis. Bedanya, mangga manalagi memiliki tekstur yang lebih padat, layaknya mangga golek.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.