Sukses

Rekomendasi 5 Drama Korea yang Punya Pesan Kuat Soal 'Body Positivity'

Liputan6.com, Bandung - Selain menyuguhkan kisah cinta yang menggetarkan hati, drama Korea memiliki lebih banyak lagi pesan untuk direnungkan. Selalu ada pelajaran hidup yang bisa dipelajari setelah menonton drakor.

Cerita tentang kecantikan fisik memang bukanlah hal baru di drama Korea. Putra tampan dan putri cantik dari keluarga kaya adalah sebuah gambaran yang biasa ditampilkan, sementara karakter yang berasal dari status ekonomi yang lebih rendah mungkin tampak kurang menarik tetapi tetap menawan.

Bisa dibilang, drama Korea secara halus atau terang-terangan membahas standar kecantikan yang mungkin memengaruhi persepsi pemirsa tentang kecantikan. Misalnya, aktris yang memiliki tubuh ramping dan putih.

Hal itulah yang membuat betapa pentingnya untuk menonton K-drama ini dengan pemahaman, bimbingan, dan kebijaksanaan yang tepat. Apalagi menyangkut topik kecantikan.

Drama Korea kini banyak film yang menghadirkan tema body positivity. Film dengan tema ini mengajak penonton untuk menerima bentuk fisik tubuh sendiri maupun orang lain tanpa melihat perbedaan warna kulit, bentuk, maupun ukuran tubuh.

Butuh sedikit bantuan untuk mencari drama Korea yang bagus? Di bawah ini, Liputan6.com mencantumkan rekomendasi drama Korea tentang body positivity yang mungkin akan Anda sukai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

My ID is Gangnam Beauty

My ID is Gangnam Beauty tayang di JTBC pada 2018. Drama yang diangkat dari webtoon ini berkisah tentang seorang wanita bernama Kang Mi Rae yang merupakan gadis pemalu dan sering dirundung semasa sekolah karena visualnya yang jelek.

Karena body shaming terus memengaruhi kehidupan sehari-harinya, ia memilih untuk melakukan operasi plastik dan melanjutkan hidup dengan menjadi Kang Mi Rae yang cantik.

Tanpa disadari, Do Kyung Suk diperankan Cha Eun Woo mengenal Mi Rae sejak masa sekolah menengahnya dan telah mencintainya sejak saat itu. Drama ini menyajikan kedua sisi operasi plastik, kadang benar-benar dibutuhkan dan jika itu akan membantu meningkatkan hidup Anda.

Di sisi lain, bahkan jika Anda menjalani operasi plastik, itu tidak akan secara ajaib membuat semua masalah Anda hilang, kesehatan mental dan pemeliharaan harga diri serta harga diri juga harus dipertimbangkan sebelum menjalani keputusan yang mengubah hidup. Pada akhirnya, Mi Rae menyadari bahwa dia juga perlu melatih batinnya untuk menjadi orang yang utuh, dan mencintai dirinya sendiri sepenuhnya sebelum dia bisa mencintai orang lain.

3 dari 6 halaman

The Miracle

Kwon bersaudara, Shi-ah dan Shi-yeon benar-benar bertolak belakang. Di mana Shi-ah adalah idola k-pop yang populer dan sempurna, sementara Shi-yeon adalah seorang mager yang kelebihan berat badan yang tidak pernah meninggalkan kamarnya.

Dunia mereka berubah ketika mereka secara ajaib bertukar tubuh dan harus menjalani kehidupan asing satu sama lain. Saat terbangun di pagi hari, keduanya sadar bahwa jiwa mereka telah tertukar. Dengan kejadian ini, apa yang akan dipikirkan musisi kenamaan, Ban Hae Sung (Kim Dong Hyun) dan pemuda yang ditaksir Shi Yeon, Han Gyo Seok (Yang Hak Jin) tentang keduanya setelah bertukar jiwa.

4 dari 6 halaman

200 Pounds Beauty

Drama Korea yang satu ini menceritakan kisah hidup perempuan bernama Han-Na. Ia memiliki penampilan fisik yang membuatnya minder bahkan sekadar untuk berkomunikasi dengan orang lain. Tubuhnya yang dianggap overweight membuat kariernya tidak berjalan lancar meskipun Han-Na memiliki suara yang sangat merdu.

Karier Han-Na hanya sebatas pengisi suara di belakang panggung saja karena dianggap tidak memiliki visual yang menarik. Hingga pada akhirnya, ia melakukan operasi pada wajah dan tubuhnya hingga tidak ada yang mengenali dan sukses menjadi penyanyi yang memiliki banyak fans.

Serial drama yang satu ini sebenarnya menunjukkan bahwa fisik bukan segalanya karena di akhir cerita, Han-Na jujur mengenai apa yang sudah terjadi pada tubuhnya di tengah-tengah konser yang disaksikan ribuan penggemarnya. Kejujuran Han-Na tidak membawa dampak apa pun, para pendukung atau penggemarnya tetap setia karena sudah terpesona dengan suara merdu Han-Na.

Artinya ketika kamu memiliki fisik yang dianggap tidak memenuhi standar kecantikan maka kamu bisa memaksimalkan potensi lain. Setiap orang memiliki kelebihan dan kamu tinggal menggalinya saja tanpa perlu fokus pada kekurangan.

5 dari 6 halaman

Oh My Venus

Dalam serial ini, Shin Min-ah berperan sebagai Kang Joo-Eun yang merupakan seorang pengacara yang dulunya sangat cantik namun seiring berjalannya waktu ia kemudian memiliki masalah dengan berat badannya. Karena itu, ia menjadi terpinggirkan oleh teman-temannya sendiri dan menjadi sasaran aksi body shaming. Akhirnya, ia membulatkan tekad untuk kembali kurus seperti semula dengan menjalankan diet ketat.

Drama ini menunjukkan kerja keras, dedikasi, dan waktu yang dibutuhkan pemeran utama untuk mencapai transformasi fisik. Ini bukan hanya "perbaikan instan" seperti yang ditampilkan oleh drama lain. Saat dia dalam perjalanan kebugarannya, dia juga mengalami perubahan di sepanjang jalan: dia menemukan pertemanan baru, kepercayaan diri, dan cinta dalam hidupnya.

6 dari 6 halaman

Birth of Beauty

Birth of a Beauty merupakan salah satu drama yang pastinya akan membuat Anda menangis melalui ceritanya yang sarat dengan pesan moral. Serial ini berkisah tentang seorang wanita gemuk yang menikah dengan pria tampan dan kaya, dia bahkan tidak pernah diperlakukan dengan baik oleh keluarga suaminya, dan juga ditipu oleh suaminya karena fisiknya.

Situasi yang semakin rumit dan hidup yang tidak pernah indah, mendorongnya untuk memilih jalan bunuh diri. Dia kemudian dianggap mati oleh semua orang tetapi ternyata, memilih untuk mengubah hidupnya melalui rencana operasi plastik sebagai tindakan balas dendam.

Dia berubah menjadi Sara yang diperankan Han Ye Seul yang menakjubkan dengan bantuan Dr Han Tae Hee diperankan Joo Sang Wook, yang membimbingnya dan menjadi komplotannya. Sepanjang balas dendamnya, dia menyadari bahwa dia masih wanita yang sama yang ingin dicintai dan bahwa tidak peduli seberapa parah kerusakan yang dia timbulkan kepada mantan suaminya, itu tetap tidak membuatnya bahagia. Han Tae Hee akhirnya jatuh cinta padanya, menerima semua masa lalu dan ketidaksempurnaannya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS