Sukses

9 Destinasi Wisata Gratis di Medan Ini Bikin Liburan Hemat

Liputan6.com, Medan - Kota Medan memiliki beragam destinasi wisata yang patut dikunjungi, seperti, wisata alam, wisata kuliner, wisata edukasi, wisata religi, dan sebagainya. Saat meluangkan waktu untuk berlibur ke Kota Medan, tentunya juga harus mempersiapkan anggaran yang cukup selama masa liburan.

Namun, ternyata ada beberapa destinasi wisata Medan yang bisa dikunjungi tanpa merogoh kocek sepeser pun. Beberapa destinasi gratis ini cocok dijadikan tempat untuk bersantai dan beristirahat sambil menikmati suasana Kota Medan yang menawan.

Berikut tempat wisata gratis Medan yang tetap menarik untuk dikunjungi. Yuk, simak!

1. Danau Cadika atau Taman Cadika

Danau Cadika atau Taman Cadika menyajikan nuansa asri dan menenangkan, sehingga cocok dijadikan tempat beristirahat dan berpiknik. Selain menyajikan suasana yang asri, lokasi ini juga menyediakan taman bermain.

Pengunjung bisa bersantai di rerumputan di pinggir danau tanpa perlu membayar biaya tiket masuk. Destinasi wisata gratis ini berlokasi di Jalan Karya Wisata, Pangkalan Masyhur, Medan Johor, Kota Medan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Kampung Keling

2. Kampung Keling

Kampung Keling juga dikenal dengan sebutan Little India karena destinasi ini memang memiliki tampilan yang mirip seperti kota-kota yang ada di India. Sebutan lain untuk tempat ini adalah Kampung Madras.

Tempat wisata ini awalnya merupakan sebuah perkampungan yang banyak dihuni oleh etnis India yang mulai berdatangan ke Medan. Kemudian, lambat laun tempat ini berubah menjadi kampung wisata.

Berlokasi di Jalan Teuku Cik Ditiro, Madras Hulu, Medan, pengunjung bisa menemukan makanan khas India hingga bangunan dan kuil dengan desain khas India. Untuk dapat masuk ke destinasi wisata ini pun pengunjung tak perlu membayar tiket masuk.

3. Kampung Kongsi

Kampung Kongsi memiliki tampilan penuh warna yang memanjakan mata. Layaknya Kampung Pelangi di Semarang atau Kampung Warna-warni Jodipan di Malang, Kota Medan punya Kampung Kongsi.

Destinasi wisata gratis ini memiliki lukisan mural di sepanjang jalanannya. Jika kamu ingin mampir ke sini, kamu bisa berkunjung ke Jalan DR. Cipto, Anggrung, Kecamatan Medan Polonia, Kota Medan.

4. Taman Ahmad Yani

Taman Ahmad Yani menjadi taman hijau di kota Medan yang sering dijadikan sebagai tempat untuk menghilangkan penat, jogging (lari kecil), hingga berolahraga oleh masyarakat setempat. Pasalnya, taman ini memiliki ukuran yang sangat luas.

Tak hanya dipenuhi dengan tanaman hijau, taman ini juga menyajikan tempat untuk berolahraga, salah satunya jogging track. Taman ini juga cukup ramah anak karena juga menyediakan taman bermain yang bisa digunakan untuk anak.

Taman ini berlokasi di Jalan Imam Bonjol, J A T I, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan. Tak perlu bingung membayar tiket masuk karena tempat ini bisa kamu kunjungi secara gratis.

 

3 dari 4 halaman

Taman Beringin

5. Taman Beringin

Masih seputar taman, destinasi wisata gratis selanjutnya yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Medan adalah Taman Beringin. Taman Beringin berlokasi dekat dengan pusat kota.

Taman ini dipenuhi dengan pepohonan hijau dan di bagian tengah-tengahnya terdapat air mancur dengan ukuran cukup besar. Perpaduan pepohonan dan kesejukan air mancur seolah membuat suasana taman menjadi menenangkan.

6. Taman Burung Cemara Asri

Taman lain di Medan yang bisa kamu kunjungi adalah Taman Burung Cemara Asri. Sama seperti taman lainnya, di sini kamu juga tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis.

Pengunjung bisa menjumpai ribuan burung yang beterbangan dengan bebas di taman ini. Pasalnya, di Taman Burung Cemara Asri memang terdapat rumah atau kandang burung yang sengaja diletakkan di sana.

Jika kamu ingin menikmati keasrian suasana alam yang berpadu dengan suara burung di taman ini, kamu bisa berkunjung ke Komplek Cemara Asri, Jalan Cemara Asri Boulevard Raya, Medan Estate, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang. Jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan momen bersama burung-burung di lokasi tersebut.

7. Taman Lope-lope

Namanya yang unik, cukup menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Taman Lope-lope juga memiliki julukan lain, yakni Taman Cinta di Pinggir Kota.

Sesuai namanya, di taman ini terdapat jembatan unik dan bebatuan berbentuk hati. Pada salah satu area taman juga terdapat ayunan yang sering kali digunakan sebagai tempat berfoto bagi para pasangan yang datang bersama.

Taman ini berlokasi di Jalan Bulu Cina, Klumpang Kb, Kecamatan Hamparan Perak, Deli Serdang. Berkunjung ke destinasi wisata ini tak perlu membayar tiket masuk alias gratis.

 

4 dari 4 halaman

Taman Sri Deli

8. Taman Sri Deli

Taman Sri Deli merupakan salah satu taman tertua di Medan. Seperti namanya, Taman Sri Deli memiliki perpaduan gaya India yang dominan.

Tak hanya India, taman ini juga memiliki perpaduan gaya Turki dan Mesir yang diaplikasikan pada bangunannya. Pada malam hari, tempat ini akan disinari dengan kerlap-kerlip lampu yang sangat indah.

Kamu bisa mampir ke Jalan Sisingamangaraja, Mesjid, Kota Medan, untuk dapat menikmati keindahan taman ini. Tak ada biaya masuk yang harus dibayarkan untuk dapat menikmati keindahan tersebut.

9. Taman USU

Taman Universitas Sumatera Utara (USU) memang berada di kawasan kampus. Meski berada di antara gedung-gedung universitas, tetapi masyarakat luar juga diperbolehkan untuk mengunjungi lokasi ini.

Daya tarik taman ini adalah berupa sekawanan rusa yang sengaja dipelihara di sini. Pengunjung pun diperbolehkan memberi makan rusa-rusa tersebut.

Selain rusa, juga ada hewan lainnya, seperti reptil, anjing, kucing, kelinci, dan sebagainya. Taman yang tak memungut biaya tiket masuk ini berlokasi di Jalan Dr Mansyur Nomor 9, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.