Sukses

10 Kumpulan Lagu Daerah Papua Paling Populer, Apa Saja?

Di provinsi ujung timur Indonesia, Papua juga memiliki kebudayaan yang sangat beragam. Termasuk salah satunya adalah lagu-lagu daerah yang diciptakan.

Liputan6.com, Jakarta - Lagu daerah merupakan lantunan yang populer dan dinyanyikan rakyat di suatu daerah. Lagu tersebut bisa dibilang mirip lagu kebangsaan, namun statusnya hanya bersifat kedaerahan.

Sebagaimana diketahui, Indonesia merupakan negara yang mempunyai beragam suku dan budaya. Hal tersebut membuat lagu daerah di Indonesia sangat banyak.

Di provinsi ujung timur Indonesia, Papua juga memiliki kebudayaan yang sangat beragam. Termasuk salah satunya adalah lagu-lagu daerah yang diciptakan. Lagu ini biasa dinyanyikan terutama saat ada acara-acara daerah tertentu.

Bukan hanya Sajojo, ada beragam lagu dari daerah Papua yang bahkan terkenal sampai ke Indonesia bagian barat. Lagu-lagu dari Papua tersebut selain terkenal juga enak didengar.

Untuk mengenal suatu daerah adalah mengetahui lagu-lagu khas daerah tersebut. Selain lagunya menyenangkan, kita juga bisa belajar bahasa Papua.

Berikut 10 kumpulan lagu daerah asal Papua paling populer yang dirangkum dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Yamko Rambe Yamko

Ya, lagu Yamko Rambe Yamko merupakan lagu daerah yang berasal dari Papua paling populer hingga saat ini.

Lagu ini menceritakan tentang pengorbanan seorang pahlawan bangsa yang gagah berani. Mengingat lagu ini sederhana sehingga sering dipelajari dalam pelajaran kesenian di tingkat Sekolah Dasar (SD). Sudah tahu liriknya kan?

2. Apuse

Selain Yamko Rambe Yamko, Apuse juga merupakan salah satu lagu daerah asal Papua. Pada dasarnya, lagu Apuse berasal dan diciptakan di Jayapura. Namun, sampai sekarang belum diketahui secara pasti siapa penciptanya.

Adapun lirik lagu Apuse tergolong singkat dan sederhana. Gaya lirik yang diulang-ulang, serta nadanya yang ritmis membuat lagu ini mudah diingat. Bukan hanya populer di Papua, Apuse juga sangat akrab di telinga sebagian besar masyarakat Indonesia.

3. Sajojo

Lagu daerah Papua berikutnya juga sudah tentu akrab di telinga masyarakat Indonesia. Ya, Sajojo merupakan lagu asli asal Papua yang terkenal dengan nadanya yang riang dan lirik yang mudah dihapal.

Lirik lagu Sajojo menceritakan tentang seorang gadis berparas cantik yang sangat disayang oleh kedua orang tuanya. Gadis tersebut juga menjadi kembang desa yang disenangi oleh para lelaki yang tinggal di daerah di sekitarnya.

Selain lagu, Sajojo juga merupakan tarian tradisional dari Papua yang bernama sama yakni Tari Sajojo.

3 dari 4 halaman

4. E Mambo Simbo

Di antara banyak lagu Papua yang terkenal, bahkan ke luar negeri, salah satu lagu yang juga tak asing bagi telinga kita adalah lagu berjudul E Mambo Simbo.

Lagu E Mambo Simbo menceritakan tentang suka cita pertemuan seorang ayah dengan anaknya yang sudah lama hilang di hutan. Dan anaknya sendiri bernama Mambo.

Lagu ini sebagai simbol dari rasa kegembiraan masyarakat kampung yang ada di Papua atas kembalinya Mambo.

5. Diru Diru Nina

Lagu Diru Diru Nina adalah salah satu lagu daerah yang berasal dari Provinsi Papua. Lagu ini menceritakan tentang sebuah doa, agar masyarakat daerah kuat dan tahan uji terhadap semua tantangan.

6. Rasine Ma Rasine

Papua dikenal dengan budayanya yang masih kental terasa. Untuk urusan lagu, Rasine Ma Rasine merupakan lagu yang sering dijumpai dalam iringan upacara adat dan tarian tradisional Papua.

Ini merupakan lagu daerah yang menceritakan tentang kegembiraan. Tidak jarang lagu Rasine Ma Rasine dijadikan sebagai pengiring upacara adat dan juga pengiring tarian pada saat ada pertunjukan. Hal tersebut sebagai sarana media komunikasi, untuk memperkenalkan budaya Papua.

Adapun pencipta lagu Rasine Ma Rasineini adalah Wem Meosido.

4 dari 4 halaman

7. Paik Akori

Paik Akori merupakan nama lagu daerah dari Papua yang liriknya mengandung makna tentang seorang perantau yang tengah merindukan kampung halamannya. Tidak heran apabila lagu daerah ini menyentuh hati terutama bagi para perantau.

Dalam bait lagu ini, diceritakan perantau meninggalkan daerahnya untuk mencari ilmu. Ilmu tersebut yang akan digunakan olehnya untuk menyejahterakan kembali kampung asalnya.

Lagu ini cocok banget bagi perantau asal Papua yang rindu dengan kampung halamannya.

8. Sup Mowi Ya

Lagu Sup Mowi Ya merupakan salah satu lagu daerah Papua yang cukup terkenal. Lagu ini diciptakan oleh musisi ternama dan sangat berpengaruh di daerah Papua, Arnold Clemens AP. Sejak pertama kali diciptakan lagu ini terus menarik perhatian masyarakat dan menjadi lagu yang cukup terkenal pada masanya.

Selain itu, lagu ini bisa dibilang sebagai lagu simbol nasionalisme seorang yang berada di Tanah Papua.

9. Padaidori

Lagu Padaidori juga menjadi salah satu lagu daerah Papua yang cukup terkenal. Nama Padaidori sendiri diambil dari nama sebuah pulau di Kabupaten Biak Numfor.

10. Boven Digoel yang Kucinta

Lagu daerah Papua yang juga diambil dari nama daerah adalah berjudul Boven Digoel Yang kucinta. Lagu ini menceritakan tentang keindahan alam dan peninggalan bersejarah yang tersimpan di Kabupaten Digoel di Papua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.