Sukses

Kolaborasi LPPM ITB dan Dekranasda NTT Promosikan Produk UMKM Secara Digital

Kunjungan meliputi aktivitas transfer pengetahuan seputar implementasi digital marketing, tujuannya membantu UMKM binaan Dekranasda NTT, agar dapat didampingi untuk menerapkan kampanye digital marketing.

Liputan6.com, Kupang - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ITB menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Masyarakat, Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) Institut Teknologi Bandung (ITB) 2022 di Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT).

Program ini diinisiasi oleh mahasiswa pascasarjana program MBA, dengan Tim Peneliti terdiri dari Raja A. Alrando (Mahasiswa MBA Entrepreneur), Arya B. Adisasmito, Lala Nurfitria, dan Syane Rachma Dian (Mahasiswa MBA Young Professional). Kegiatan penelitian dipimpin oleh Achmad Ghazali selaku Ketua Peneliti.

Rangkaian Kegiatan diawali pertemuan dengan Rektor dan jajaran dosen Universitas Kristen Artha Wacana, Kupang, Selasa, 19 Juli 2022. Pertemuan dengan Dekranasda Provinsi Nusa Tenggara Timur, Rabu, 20 Juli 2022, dan secara pertemuan daring pada Senin, 8 Agustus 2022.

Pertemuan diselenggarakan dalam rangka kunjungan lapangan program pengabdian masyarakat LPPM ITB. Sebagai upaya untuk berkontribusi dan bagian dari aktivitas pengabdian kepada masyarakat di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar).

Kunjungan meliputi aktivitas transfer pengetahuan seputar implementasi digital marketing, tujuannya membantu UMKM binaan Dekranasda NTT, agar dapat didampingi untuk menerapkan kampanye digital marketing.

Raja Aksana Alrando, Project Officer program ini mengatakan poin utama yang disepakati akan dilaksanakan secara bertahap dan diakhiri pada minggu ke-4 September 2022.

Aktivitas yang dilakukan tidak hanya mengajak UKM, namun juga kolaborasi dengan melibatkan Dekranasda sebagai pembimbing UKM di NTT dan juga UKAW sebagai akademisi.

“Semoga proses transfer pengetahuan dalam penyusunan kampanye pemasaran dan juga implementasi VR/AR ini dapat berkelanjutan,” ujarnya Selasa (30/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemetaan Isu

Syane Rachma Dian (Field Surveyor) program ini menambahkan pihaknya memastikan bahwa isu di lapangan dapat dipetakan sebelum mulai merumuskan kegiatan dan implementasi.

“Koneksi antara masalah dan solusi adalah hal yang kami kedepankan untuk program ini,” katanya.

Kemudian, menyambut baik inisiasi dari tim pengabdian masyarakat SBM ITB, Ketua Dekranasda NTT, Julie Sutrisno Laiskodat mengatakan dengan implementasi digital marketing spesifik melalui konten - konten menarik seperti di Tiktok tentu akan jadi daya tarik bagi para pembeli potensial di luar NTT.

“Ditambah lagi ruang pameran digital yang dapat menampilkan UMKM binaan andalan, tentu jadi dukungan yang sangat berarti bagi UMKM,” ujar Julie.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.