Sukses

Tips Sederhana agar Alpukat Matang Merata

Berikut ini adalah tips alpukat cepat matang merata

Liputan6.com, Yogyakarta - Tidak semua buah alpukat yang kita temui di pasar tradisional atau swalayan dijual dalam kondisi sudah matang. Tentu saja, ada beberapa buah alpukat yang masih mentah.

Jika kamu ingin membeli buah alpukat yang sudah matang, kamu bisa mengeceknya dengan beberapa cara. Pertama pilih alpukat yang warnanya gelap merata, tidak belang-belang.

Kemudian, lihat bagian ujung alpukat, jika masih ada sisa sedikit tangkai, kupas sedikit untuk melihat warnanya. Jika warnanya cokelat tua atau gelap artinya buah sudah tua.

Sedangkan, jika warnanya masih hijau muda berarti buah masih muda dan mentah. Selain itu, kamu juga bisa mengecek kematangan alpukat dengan cara mengocoknya.

Bila terdengar suara biji di dalamnya, berarti alpukat sudah tua. Alpukat yang sudah tua, bijinya akan lepas dari kulit bagian dalamnya.

Namun, jangan khawatir jika kamu tidak menemukan buah alpukat yang sudah matang saat membelinya. Berikut ini adalah tips alpukat cepat matang merata:

1. Menggunakan kertas koran

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk membuat alpukat cepat matang adalah dengan membungkusnya memakai kertas koran. Cara ini dukup praktis dan dijamin anti gagal.

Siapkan kertas koran secukupnya. Kemudian bungkus buah alpukat dengan kertas koran sampai benar-benar rapat.

Selanjutnya, simpan di dalam wadah dan letakkan di atas meja. Pastikan kamu menyimpan alpukat di tempat dengan suhu ruang, bukan di kulkas.

Untuk mengecek kematangan alpukat, kamu bisa menekan buah alpukat tersebut dengan menggunakan jari. Jika daging sudah empuk, berarti alpukat sudah matang merata.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pakai Tisu dan Lakban

2. Menggunakan tisu dan lakban

Cara kedua yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan tisu dan lakban. Pertama, cuci bersih alpukat kemudian keringkan dengan mengelapnya menggunakan tisu.

Selanjutnya, potong ujung alpukat menggunakan pisau yang tajam. Setelah itu, tutup ujung buah alpukat dengan lembaran tisu dan rekatkan dengan lakban.

Letakkan alpukat di dalam wadah dan simpan di tempat dengan suhu ruangan. Kamu bisa mengecek kematangan alpukat secara berkala.

Biasanya butuh waktu dua hari agar alpukat matang merata. Jadi, pastikan jangan sampai terlewat agar alpukat tidak busuk.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.