Sukses

5 Warung Jamu Kekinian Yogyakarta yang Jadi Sasaran Gen Z

Liputan6.com, Yogyakarta - Jamu merupakan minuman tradisional yang cukup populer dari Tanah Jawa, khususnya Yogyakarta. Bahkan, beragam kedai kopi kekinian tak dapat mengalahkan eksistensi keberadaan jamu sebagai minuman tradisional.

Minuman tradisional khas Yogyakarta ini memiliki beragam manfaat, salah satunya untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Tak heran, jamu menjadi salah satu minuman tradisional yang diburu wisatawan.

Para penjual jamu juga semakin berkembang di Yogyakarta. Banyak penjual jamu mendirikan warung jamu kekinian yang menjual aneka olahan jamu.

Pengunjung dapat nongkrong bersama keluarga dan teman sambil menyeruput jamu yang menyehatkan. Dikutip dari berbagai sumber, berikut warung jamu kekinian Yogyakarta.

1. Omah Jamu Jeng Ratu

Omah Jamu Jeng Ratu merupakan kedai jamu kekinian sekaligus agrowisata. Omah Jamu Jeng Ratu sudah berdiri sejak tahun 2006.

Selain mencicipi jamu, wisatawan juga dapat belajar langsung meracik jamu dari ahlinya di sini. Selain itu, ada kebun tanaman herbal, yang ditumbuhi lebih dari 150 jenis tanaman jamu-jamuan.

Omah Jamu Jeng Ratu mengung konsep kedai jamu kekinian yang Instagramable, sehingga wisatawan juga dapat berfoto di tempat ini. Aneka menu jamu di tempat ini dibanderol mulai dari Rp12.500 saja.

Namun, apabila wisatawan ingin merasakan pengalaman berkeliling kebun jamu, belajar dan menikmati racikan Omah Jamu Jeng Ratu, dapat membayar Rp50.000.

Omah Jamu Jeng Ratu berada di Jalan Kaliurang KM 12.5, Turen, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman. Kedai jamu kekinian buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Jamu Godhog Merapi Farma Herbal

2. Jamu Godhog Merapi Farma Herbal

Jamu godhog Merapi Farma Herbal menyajikan beragam jenis jamu godok atau rebus. Selain bisa dibawa pulang, wisatawan dapat langsung mencicipinya di sini.

Kedai jamu ini memiliki tempat cukup nyaman dan luas. Wisatawan dapat menikmati jamu godok sambil melihat pemandangan Gunung Merapi.

Aneka ramuan yang dibuat pun tak asal-asalan, karena berasal dari aneka tumbuhan yang ditanam di kebun sendiri seperti adas, binahong, kumis kucing, meniran dan lainnya. Satu cangkir jamu di kedai jamu ini dihargai mulai dari Rp 5.000.

Kedai Jamu Godhog Merapi Farma Herbal juga menjual jamu godhog dengan kemasan praktis yang siap minum. Jamu siap minum ala kedai jamu ini dipatok dengan harga mulai dari Rp25.000.

Kedai Jamu Godhog Merapi Farma Herbal berada di Kaliurang Km 21 RW 5 Banteng, Hargobinangun, Pakem,  Sleman. Kedai jamu ini buka setiap hari, mulai pukul 07.00 hingga 21.30 WIB.

3. Djampi Jawi

Djampi Jawi merupakan kafe jamu kekinian yang cukup populer di Yogyakarta. Djampi Jawi menyajikan aneka minuman jamu yang diolah dan diproses menggunakan teknologi kekinian seperti grinder, foodpresso, dan rockpresso.

Menu jamu yang laris dipesan para pengunjung adalah kunir asem dan beras kencur. Selain aneka olahan jamu, Djampi Jawi juga menawarkan aneka racikan khas yang memiliki beragam manfaat.

Seperti pancasona, gagah prakosa, darah tinggi, batari, seger lagi, dan ora watuk. Selain minuman ada pula makanan tradisional seperti rawon sambel, nasi ayam bacem, Bakso cokro dan masih banyak lagi.

Kedai Djampi Jawi berada di Jalan Urip Sumoharjo Nomor 123 Klitren Yogyakarta. Kedai Djampi Jawi buka setiap hari, mulai pukul 10.00 hingga 23.00 WIB.

 

3 dari 3 halaman

Wedank Warisan

4. Wedank Warisan

Wedank Warisan berlokasi di JNM Bloc Yogyakarta, tepatnya di Gedung Hamemayu. Tenant Wedank Warisan tak kalah ramai dibandingkan kedai kopi yang ada di sini.

Wedank Warisan mengubah bahan minuman tradisinonal menjadi minuman herbal kekinian. Minuman ala Wedank Warisan memiliki berbagai macam topping yang rasanya segar sekaligus bermanfaat bagi tubuh.

Pengunjung dapat menikmati kesegaran olahan minuman Wedank Warisan sambil menikmati camilan andalan Wedank Warisan seperti kue cubit, risoles, dan masih banyak lagi.

Wedank Warisan berada di Kawasan JNM Bloc, Jalan Prof Dr Ki Amri Yahya nomor 1 Pakuncen, Wirobrajan, Yogyakarta. Wedank Warian buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

5. Kyoot Jamu

Kyoot Jamu juga menjadi salah satu kedai jamu kekinian yang beroperasi di kawasan JNM Bloc. Kyoot Jamu membuka tenant,  dengan deretan kursi aesthetic yang terbuat dari rotan.

Pengunjung dapat menikmati aneka rasa jamu yang enak, dengan tampilan yang kekinian. Pengunjung juga dapat memesan camilan yang dijual oleh Kyoot Jamu.

Kyoot Jamu berada di kawasan JNM Bloc, Jalan Prof Dr Ki Amri Yahya nomor 1 Pakuncen Wirobrajan Yogyakarta. Kyoot Jamu buka setiap hari, mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS