Sukses

Jangan Tunggu Menguning, Ini 10 Tips Merawat Sepatu Putih

Liputan6.com, Yogyakarta - Sepatu putih merupakan salah satu pilihan warna yang menarik jika kamu ingin tampil keren. Warnanya yang cenderung netral akan cocok dipadupadankan dengan warna apapun.

Namun, warnanya yang putih dan bersih cenderung membuat sepatu ini menjadi mudah kotor. Jika tidak merawatnya dengan benar, maka sepatu putih kesayanganmu tidak akan awet.

Yuk, pelajari cara merawat sepatu putih agar tetap awet dan tidak menguning:

1. Simpan di dalam ruangan atau tempat khusus

Sepatu putih sebaiknya disimpan di dalam rumah agar terhindar dari paparan sinar matahari. Kamu bisa menggunakan rak khusus sepatu agar membuat sepatu putih terhindar dari kotoran dan debu.

Meletakkannya di rak khusus sepatu juga bisa mengindari sepatu putih agar tidak terinjak oleh sepatu kotor lain. Selain itu, hal ini juga untuk menghindari sepatu dari paparan sinar UV berlebih.

Sepatu warna putih akan lebih cepat pudar atau bahkan warnanya bisa berubah kekuningan (yellowing) atau sepatu menguning jika terlalu sering terpapar sinar UV secara langsung. Maka dari itu, simpan sepatu warna putih di tempat yang sejuk dan gelap ketika tidak digunakan.

2. Perhatikan cara membersihkan noda

Berbeda dengan sepatu berwarna gelap, noda pada sepatu berwarna putih pasti akan lebih terlihat jelas. Beberapa noda yang menempel pun cukup membandel, sehingga sulit hilang.

Untuk menghilangkan noda-noda membandel tersebut, kamu bisa menggunakan cairan pembersih khusus sepatu sneakers yang saat ini sangat mudah dijumpai. Sebagai pilihan alternatif, kamu juga bisa menggunakan cuka.

Caranya bersihkan dengan lap halus yang sudah dicelupkan ke dalam cuka, lalu basuh dengan air. Kamu juga bisa menggunakan baking soda sebagai alternatif.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Jangan Pakai Mesin Cuci

3. Hindari mencuci sepatu dengan mesin cuci

Baik itu sepatu putih maupun warna lainnya, jangan sekali-kali mencuci sepatu menggunakan mesin cuci. Mencuci sepatu dengan mesin cuci akan berisiko menambah goresan pada sepatu.

4. Gunakan sikat lembut untuk membersihkan area yang sulit dijangkau

Apabila mendapati noda-noda yang sulit dijangkau, sebaiknya kamu membersihkan menggunakan sikat lembut atau sikat gigi bekas. Gunakan sikat gigi, air hangat, dan cairan pembersih untuk menghilangkan noda-noda tersebut.

5. Bersihkan tali dengan air hangat

Tak sedikit yang beranggapan bahwa tali sepatu tidak membutuhkan perawatan khusus, apalagi jika tali tersebut mudah dicari gantinya. Meski demikian, warna tali sepatu juga bisa berubah kusam dan mempengaruhi penampilan sepatu putih milikmu.

Cara mudah untuk membersihkan tali sepatu warna putih adalah dengan membersihkannya menggunakan air hangat. Kamu bisa mencucinya secara terpisah dan hindari menggunakan mesin cuci.

6. Bersihkan dengan tisu atau lap lembut untuk mengurangi kelembapan

Setiap membersihkan sepatu dengan air, sepatumu pasti akan menjadi lembab. Jika dibiarkan dalam keadaan lembab, sepatu akan meninggalkan noda.

Untuk menghindari hal tersebut, biasakan untuk membersihkan permukaannya menggunakan tisu atau lap lembut. Letakkan gumpalan kertas di dalam sepatu untuk membantu menyerap kelembapannya.

 

3 dari 3 halaman

Pakai Cairan Pembersih

7. Gunakan cairan pembersih atau sampo pada noda minyak

Jika ada noda minyak pada permukaan sepatu putih, segera bersihkan dengan cairan pembersih atau sampo. Campurkan cairan pembersih atau sampo dengan air hangat, kemudian bersihkan dengan sikat gigi atau lap untuk menyeka noda minyak tersebut.

8. Gunakan pemutih untuk mencerahkan warna sepatu

Beberapa material seperti kanvas sangat disarankan untuk dibersihkan menggunakan pemutih agar kecerahannya terjaga. Namun, kamu harus memperhatikan takaran pemutihnya agar warna putihnya bisa tetap cerah.

Kamu bisa menggunakan perbandingan 1:5 antara pemutih dengan air. Celupkan sikat lembut dalam larutan tersebut, lalu gosok lembut dan bilas dengan air hangat sebelum dikeringkan.

9. Gunakan cat putih untuk menutup goresan

Apabila sepatu tergores atau terdapat goresan, cara membersihkan sepatu putih yang tepat adalah dengan menggunakan cat putih khusus sepatu. Selain untuk menutup goresan, cat khusus tersebut juga bisa digunakan untuk menutup noda yang membandel.

10. Perhatikan waktu dan tempat yang tepat saat menggunakan sepatu putih

Selain menerapkan perawatan sepatu putih di atas, kamu juga perlu mempertimbangkan waktu dan tempat yang tepat untuk menggunakan sepatu tersebut. Hindari menggunakan sepatu putih saat cuaca hujan agar terhindar dari jalanan yang becek.

(Resla Aknaita Chak)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS