Sukses

Safari Literasi di Ambon, Gol A Gong: Keahlian Menulis Lahir dari Kebiasaan Membaca

Ada tiga fokus literasi yang mesti dikembangkan di Maluku, yakni literasi baca tulis, literasi digital, dan literasi keagamaan.

Liputan6.com, Ambon - Guyuran hujan di Bumi Manise tidak menyurutkan langkah kaki Duta Baca Indonesia Gol A Gong menggelorakan semangat membaca dan menulis masyarakat di Kota Ambon, Selasa (19/7/2002). Dengan gayanya yang khas, yaitu mengenakan topi, Gol A Gong mengisi road show Safari Literasi dengan memberikan pelatihan menulis bermodalkan sejumlah fakta dan data. Dari sekumpulan fakta dan data tersebut, peserta lantas diajak menuangkannya ke dalam tulisan yang inspiratif dengan gaya penulisan fiksi.

"Keahlian menulis lahir dari kebiasaan membaca," kata Gol A Gong memberi tips.

Mengapa budaya baca dan literasi begitu penting bagi masyarakat Maluku? Pegiat Literasi Maluku, Muhammad Nasir Pariusamahu memaparkan hasil riset Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Kemdikbud Ristek (2019), yang menyebutkan aktivitas literasi masyarakat Maluku berada pada indeks 33,52 (rendah).

Sedangkan, menurut Kajian kegemaran Membaca yang dilakukan oleh Perpustakaan Nasional (2020) juga diketahui bahwa tingkat Tingkat Gemar Membaca (TGM) provinsi Maluku berada pada posisi 26 dari 34 provinsi.

Melihat fakta tersebut, Nasir menyarankan setidaknya ada tiga fokus literasi yang mesti dikembangkan di Maluku, yakni literasi baca tulis, literasi digital, dan literasi keagamaan.

"Terkait literasi keagamaan, sikap toleransi beragama adalah aset penting sebagai orang Maluku," ujarnya.

Nasir yang berkarier di MtSN 2 Maluku Tengah menunjukkan aktivitas literasi yang telah dipraktikkan di sekolahnya, seperti pendirian lapak baca gempa 6,8, gerakan GMGM (Guru Membaca Guru Menulis), Literasi Day di hari Sabtu, Sagusatu (Satu Guru Satu Tulisan), Sasisatu (Satu Siswa Satu Tulisan), dan Perpus keliling masuk madrasah.

Dari inovasi program yang diperbuat, sekolahnya berhasil menerbitkan Antologi Buku Sio Baba, menjadi Juara 1 peneliti muda (MYRES) pada 2021, dan launching tiga antologi yang terbit di Hari Anak Bhakti (HAB) 2022.

Sementara itu, penulis lokal Eko Saputra Poceratu mengatakan dalam sebuah kepenulisan, penting juga memasukkan kearifan lokal (budaya), seperti tradisi lisan, manuskrip, adat-istiadat, ritus (tata cara upacara), pengetahuan tradisional, dan teknologi tradisional (sistem irigasi, arsitektur, perkakas (pengolah sawah, alat transportasi), seni, bahasa, permainan rakyat, dan olahraga tradisional (pasola, lompat batu, debus).

"Objek-objek pemajuan kebudayaan perlu ditampilkan agar masyarakat masih kenal dengan warisan leluhurnya," katanya.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Respons Pemprov

Penyelenggaraan Safari Literasi disambut baik oleh Pemprov Maluku. Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Maluku, Semmy Huwae mengakui Kegiatan semacam ini tentu bisa memantik lahirnya para penulis baru, baik yang terbit secara indie label atau major label (penerbit besar).

"Selain itu, aktivitas Safari literasi ini turut membantu implementasi visi dan misi Pemprov Maluku, yakni mewujudkan sumber daya manusia yang mandiri, profesional dan berprestasi," ucap Asda Semmy.

Mengingat literasi telah menjadi hal yang fundamental, maka pemerintah terus berupaya membangun infrastruktur budaya baca dan literasi. Melek literasi akan mendorong terciptanya masyarakat berpengetahuan, kreatif, dan berkarakter.

Bahkan, perpustakaan pun tidak tinggal diam memodernisasi fasilitas pelayanannya. Perpustakaan kini tidak lagi konvensional melainkan digital.

"Modernisasi layanan sangat mendukung program transformasi layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial," kata Pustakawan Ahli Utama Perpustakaan Nasional, Renus Sibhoro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.