Sukses

Eril Dinyatakan Wafat, Wali Kota Bandung Turut Berduka Cita

Yana juga berdoa agar keluarga Ridwan Kamil yang ditinggalkan diberikan kekuatan.

Liputan6.com, Bandung - Pihak keluarga Ridwan Kamil menyatakan bahwa Emmeril Kahn Mumtadz yang akrab dipanggil Eril dinyatakan meninggal dunia. Berkaitan dengan hal itu, Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyatakan turut berduka cita.

"Dengan kerendahan hati, mari kita mendoakan semoga amal ibadah A Eril diterima Allah SWT diampuni segala dosanya dan mendapat tempat terbaik di sisi-Nya," ucap Yana di Bandung, Jumat (6/3/2022).

Yana juga berdoa agar keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan. "Untuk keluarga besar Kang Emil, saya berdoa agar seluruh keluarga senantiasa diberikan kekuatan, ketabahan, dan kesabaran," katanya.

Sesuai anjuran Majelis Ulama Indonesia (MUI), Yana mengimbau kepada seluruh warga kota Bandung untuk melaksanakan salat gaib. "Saya mengimbau kepada warga Jawa Barat khususnya Kota Bandung untuk bersama-sama melaksanakan salat gaib untuk Ananda Eril," kata Yana.

Di Kota Bandung, salat gaib untuk Eril akan dilaksanakan setelah waktu salat Jumat. Adapun rangkaiannya berikut, ialah doa bersama yang bakal dilangsungkan setelah waktu salat asar.

Masjid Al Ukhuwah, Jalan Wastukancana Bandung juga akan menggelar salat gaib dan doa bersama. Bagi umat Muslim yang akan mengikuti salat gaib bisa bergabung di Masjid Al Ukhuwah atau menyelenggarakannya di masjid-masjid terdekat.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keluarga Sudah Ikhlas

Sebelumnya, kakak kandung Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman menyampaikan perkembangan terkini terkait Eril yang dinyatakan hilang di Swiss.

"Innalillahi wa Innalillahi rajiun, Kang Emil dan Teh Lia sudah menyampaikan bahwa mereka ikhlas dan meyakini bahwa Emmeril Kahn Mumtadz yang kita kenal sebagai Eril sudah wafat berpulang ke Rahmatullah karena tenggelam," kata Erwin saat konferensi pers di Gedung Pakuan, Kota Bandung.

Erwin menuturkan, sikap itu diputuskan setelah semua pihak sudah melakukan ikhtiar secara maksimal baik yang dilakukan otoritas Swiss maupun pencarian mandiri.

"Termasuk di antaranya bahwa otoritas setempat sudah melakukan pencarian yang memang spesifik untuk mencari jenazah," ucapnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, semalam pihak keluarga berkonsultasi dengan MUI Jawa Barat untuk meminta nasihat sesuai syariat Islam.

Dalam hal ini menunaikan hak almarhum Eril. Selepas pertemuan tersebut, keluarga dan MUI sudah melaksanakan salat gaib untuk Eril.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.