Sukses

Persis Solo Kontra Persebaya, Kembalinya Kejayaan Suporter Sepak Bola di Tepi Lapangan

Liputan6.com, Solo - Aditya Bagas Pratama, pria asal Solo tersebut sudah bersiap-siap mengenakan atribut tim yang disukainya sejak kecil yakni Persis Solo. Bukan tanpa alasan dia berlaku demikian. Pasalnya, pada Sabtu (21/5/2022), dia bersama dengan ribuan fans fanatik klub berjuluk Laskar Sambernyawa berangkat dari Stadion Manahan Solo menuju Kota Surabaya untuk menonton laga persahabatan Persis Solo dengan Persebaya Surabaya.

Dia bersama rekan-rekannya sesama suporter berangkat menggunakan sekitar 40 bus dan puluhan kendaraan pribadi ke Gelora Bung Tomo. Persis Solo mendapat undangan dari tim berjuluk Bajul Ijo itu sekaligus uji coba dengan menghadirkan suporter pada laga itu. 

Tentu kesempatan tersebut tidak disia-siakan para pendukung kedua tim. Semua berlomba-lomba mendapatkan tiket untuk menonton pertandingan perdana Persis Solo dengan dihadiri penonton usai klub kebanggaan masyarakat Solo Raya itu lolos promosi ke liga 1.

"Ada gairah dan semangat beda pas nonton Persis Solo kemarin di Surabaya. Ini pertama kali main setelah lolos liga 2 dan promosi ke liga 1, dan ini pertama kali juga selama pandemi baru boleh ditonton," kata Aditya saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (23/5/2022).

 

2 dari 2 halaman

Sepak Bola Hiburan Rakyat

Dirinya menyebut berangkat dengan rombongannya sekitar 60 orang dalam satu bus, sepanjang perjalanan dari Solo ke Kota Pahlawan, dia melihat kejadian-kejadian menarik. 

"Kami konvoi lewat tol, sepanjang perjalanan bus dan mobil didominasi plat dari Solo. Atmosfernya beda banget, tiket dijual ludes bahkan ada yang tidak kebagian tiket mereka di luar stadion," ujarnya.

Tak hanya itu, antusias suporter dari kedua tim makin terlihat ketika Gelora Bung Tomo dipenuhi suporter Persebaya dan Persis Solo mulai dari pintu masuk stadion hingga di dalam stadion. "Bonek menyambut kedatangan kami saat rombongan kami masuk Kota Surabaya, bahkan mengawal sampai kami masuk stadion. Mereka juga buka jalan saat kami terjebak macet," tutur dia.

Untuk diketahui, sepak bola Indonesia selama masa pandemi sempat terhenti dan digulirkan. Namun, tanpa boleh dihadiri penonton dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Semenjak Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan kelonggaran kepada masyarakat lantaran penyebaran Covid-19 mulai menurun, laga ini menjadi laga pembuka dengan dihadiri penonoton.

Laga persahabatan dengan tajuk 729 game itu dihadiri sekitar 33 ribu penonton, tentunya kesempatan itu tidak disia-siakan oleh kedua suporter tim itu. Selama ini, para suporter hanya bisa melihat tim kebanggaan mereka berlaga dari layar kaca lantaran adanya PPKM pandemi Covid-19.

Sementara itu, Presiden Klub Persebaya Surabay, Azrul Ananda mengatakan meski kecewa lantaran timnya harus dikalahkan oleh tim tamu Persis Solo, ia mengaku senang dengan euforia di stadion. 

"Secara sudah lama tidak ada laga dihadiri penonton, tadi merinding kan lama gak ada di tengah lapangan nonton pertandingan. Tapi, kecewa, siapa yang enggak pengin menang," ujar dia. 

 

Simak video pilihan berikut ini: