Sukses

Semarak Sambut Idul Fitri 1443 Hijriah, Pemko Medan Laksanakan Pawai Takbiran

Pemerintah Kota (Pemko) Medan menggelar Pawai Takbiran untuk menyemarakkan sekaligus menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Pawai Takbiran Pemko Medan ini dilaksanakan pada 2 titik

Liputan6.com, Medan Pemerintah Kota (Pemko) Medan menggelar Pawai Takbiran untuk menyemarakkan sekaligus menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Pawai Takbiran Pemko Medan ini dilaksanakan pada 2 titik.

Hal tersebut terungkap dalam Rapat Finalisasi Program Mudik Gratis Pemko Medan di Ruang Rapat II, Kantor Wali Kota Medan, pada Selasa, 26 April 2022, lalu.

Dalam rapat itu, seperti keterangan resmi diperoleh Liputan6.com, Sekda Kota Medan, Wiriya Alrahman menyampaikan, Pawai Takbiran dilakukan di Lapangan Merdeka dan Medan Belawan.

Wali Kota Medan, Bobby Nasution, dijadwalkan melepas Pawai Takbiran dari Medan Belawan. Sedangkan peserta Pawai Takbiran ini berasal dari seluruh kecamatan dan kelurahan.

"Untuk Medan Belawan peserta berasal dari enam wilayah kecamatan, yakni Medan Belawan, Labuhan, Marelan, Deli, Timur, dan Helvetia. di Lapangan Merdeka berasal dari wilayah 15 kecamatan lainnya," kata Sekda Wiriya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rute Pawai Takbiran

Sekda Kota Medan, Wiriya Alrahman menerangkan, rute untuk Pawai Takbiran di Medan Belawan dimulai dari Jalan Sumatera atau eks Kantor Kejari Belawan, dan finish di Tanah Enam Ratus, Medan Marelan.

"Sedangkan rute di Lapangan Merdeka, dimulai dari Jalan Pulau Pinang dan finish di Stadion Teladan," terangnya.

Sekda juga mengingatkan agar seluruh kecamatan dan kelurahan di Kota Medan mendirikan posko untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama cuti bersama di wilayah masing-masing.

"Petugas posko harus mempunyai data warga yang melakukan mudik dan menjaga keamanan rumah yang ditinggalkan," imbaunya.

3 dari 4 halaman

Salat Idul Fitri

Sekda Wiriya juga menyampaikan, Pemko Medan akan melaksanakan Salat Idul Fitri di Lapangan Merdeka. Bertindak sebagai Khatib Hasan Maksum, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan. Sedangkan qari internasional, bertindak sebagai imam.

"Pelaksanaan salat ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Selain wajib memakai masker, jemaah harus membawa sajadah masing-masing," sebutnya.

4 dari 4 halaman

Patroli Secara Masif

Sementara itu, untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga saat merayakan Idul Fitri 1443 Hijriah, Pemko Medan menggelar patroli secara masif.

Kaban Kesbangpol, Arjuna Sembiring, pada Kamis, 28 April 2022, saat Safari Ramadan Pemko Medan di Masjid Jami' Aur, Kecamatan Medan Maimun, mengatakan, pemerintah sudah membolehkan mudik dalam momen Idul Fitri tahun ini.

"Tentu warga Medan banyak pula yang pulang kampung. Pemko Medan akan melakukan patroli secara masif sebagai antisipasi terjadinya tindak kriminal, kekerasan dan premanisme saat warga merayakan Idul Fitri," ungkapnya.

Pemko bersama TNI/Polri terus memberantas premanisme dan meningkatkan kondusivitas, sehingga Medan menjadi kota yang nyaman dan aman bagi warganya, serta berkah, maju, dan kondusif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.