Sukses

Penjual Kacang Mede di Wonogiri Kecipratan Berkah Lebaran

Pedagang kacang mede di Wonogiri mendapat berkah Lebaran lantaran permintaan kacang mede melonjak dan harganya bagus.

Liputan6.com, Wonogiri - Bulan Ramadan dijalani selama satu bulan lamanya dan setelahnya akan dirayakan Hari Raya Lebaran oleh seluruh umat muslim. Biasanya, banyak berkah setiap lebaran tiba, salah satunya usaha UMKM makanan. Seperti yang dialami oleh Novia Lilin Kusumawati (32), wanita manis penjual kacang mede asal Bulusari, Wonogiri mengaku mendapatkan berkah jelang lebaran tahun ini.

Ia menyebut kacang mede memang menjadi hidangan 'wajib' untuk disajikan pada saat Hari Lebaran. Meski pernah sempat menurun omzetnya lantaran pandemi Covid-19, tapi pada tahun ini dirinya mengaku omzetnya naik.

"Permintaan kacang mete memang sudah meningkat dua pekan menjelang Ramadhan sampai lebaran. Apalagi saat ini Covid-19 sudah melandai. Kalau tahun lalu memang sepi," katanya kepada media di Wonogiri, Selasa (19/4/2022).

Novia menjelaskan, dalam situasi normal omset penjualan kacang mede setiap jelang lebaran bisa mencapai 120 kg selama kurun waktu puasa hingga lebaran.

"Jelang lebaran biasanya 3-4 kilogram per hari. Kacang mete itu produksi kerabat saya," ujar dia.

Menurutnya, konsumen yang membeli kacang mede dagangannya itu lebih menyukai membeli yang sudah matang, ia menambahkan banyaknya varian kacang mede yang sudah matang itu membuat pembeli mendapatkan pilihan rasa, mulai bakar, pedas manis, dan kacang mete rasa lainnya.

"Permintaan paling banyak masih wilayah Solo raya seperti Sragen. Karena saya juga ada pelanggan tetap. Tapi biasanya setiap tahun ada tambahan sampai dua reseller," tutur Novia.

Namun, permintaan dalam jumlah besar juga berasal dari luar kota, seperti di Lombok dan Ambon. "Pemintaan bisa 10-15 kilogram," tuturnya.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Camilan Lebaran

Sementara itu, harga kacang mede  matang jelang lebaran biasanya naik hinga 15 -20 persen lebih murah dari jenis kacang mede yang masih mentah.

"Harga kacang mete hari biasa Rp135 Ribu per kilogram, saat ini mencapai Rp165 Ribu per kilogram untuk yang sudah digoreng. Kalau yang mentah lebih murah," ujar dia.

Ia mengaku jika tertarik ingin membeli cemilan khas Wonogiri lainnya  seperti kacang almod dan tempe benguk yang bisa dijadikan kudapan saat lebaran nanti? Bisa dilihat di akun Instagramnya @oleh2bukendil_.

"Tempe keripik benguk biasanya menjelang puasa sampai lebaran selalu ada permintaan. Kalau kacang almond, selain untuk asi booster juga menu jajanan pas lebaran. Itu juga ramai," ujar Novia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.