Sukses

Mencari Makna Rabu Pon, Hari Keramat Presiden Jokowi Reshuffle Kabinet

Kabar yang beredar, ada kemungkinan Jokowi melakukan reshuffle kabinet pada Rabu (23/3/2022) yang dalam penanggalan Jawa merupakan hari Rabu Pon.

Liputan6.com, Yogyakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kerap memilih Rabu Pon sebagai hari untuk merombak atau reshuffle kabinet. Kabar yang beredar, ada kemungkinan Jokowi melakukan reshuffle kabinet pada Rabu (23/3/2022) yang dalam penanggalan Jawa merupakan hari Rabu Pon.

Rabu memang menjadi hari favorit Presiden Jokowi untuk reshuffle kabinet. Selama masa kepemimpinannya, tercatat beberapa kali Jokowi melakukan perombakan kabinet pada hari itu.

Seperti yang diketahui, Jokowi pertama kali merombak kabinetnya pada Rabu Pon, 12 Agustus 2015. Setahun kemudian, reshuffle kabinet kembali terjadi pada Rabu Pon, 27 Juli 2016.

Kemudian, pada 17 Januari 2018, Jokowi kembali merombak kabinetnya. Namun, saat itu bukan Rabu Pon, melainkan Rabu Pahing.

Perombakan kabinet kembali terjadi pada Rabu Pahing, 15 Agustus 2018.

Banyak orang bertanya-tanya makna hari Rabu, tak terkecuali Rabu Pon yang kerap dipilih Jokowi untuk merombak kabinetnya.

Dikutip dari berbagai sumber, Rabu Pon sebenarnya adalah weton Presiden Jokowi yang lahir pada 21 Juni 1961. Kemungkinan besar, Presiden Jokowi memilih hari menggunakan perhitungan Jawa saat memutuskan sesuatu berkaitan dengan hari kelahirannya berdasarkan saran sesepuh.

Perhitungan Jawa berdasarkan hari kelahiran dipercaya berkaitan dengan keselamatan, keamanan, dan kesejahteraan. Rabu Pon dipercaya sebagai hari yang baik untuk membuka usaha. Hal ini seiring dengan sifat orang yang lahir pada Rabu Pon yang memiliki karakter bisa menjadi penerang atau menenteramkan hati orang lain.

Kelahiran Rabu Pon memang dikenal dengan sifat lakuning rembulan atau selayaknya bulan. Kelebihan karakter orang dengan weton ini adalah memiliki jiwa sosial yang tingi dan selera tinggi.

Namun, weton Rabu Pon juga tidak luput dari kekurangan, yakni kurang disiplin, kurang bertanggung jawab, angkuh, serta tidak mau kalah dengan pendirian yang selalu berubah-ubah.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.