Sukses

Epos Mahabharata di Balik Pesona Pantai Pandawa Bali

Liputan6.com, Denpasar - Tempat wisata favorit di Bali bukan hanya Pantai Kuta yang terkenal keindahan alamnya. Di Pulau Dewata ini justru banyak pilihan pantai yang pesonanya tak kalah menawan dari Pantai Kuta.

Salah satu di antaranya adalah Pantai Pandawa. Pantai ini dikenal memiliki sejuta pesona, namun belum banyak orang tahu.

Alasan Pantai Pandawa belum diketahui banyak orang lantaran lokasinya tersembunyi di balik deretan bukit berbatu yang ditumbuhi semak-semak. Kendati demikian, pemandangan pantai ini bisa bikin kamu malas pulang.

Akses menuju Pantai Pandawa lebih mudah jika dilalui dengan kendaraan bermotor. Selama perjalanan menuju pantai, kamu akan melihat pemandangan alam yang sangat eksotis.

Bukit kapur yang menjulang tinggi akan terlihat sepanjang perjalanan menuju Pantai Pandawa. Tebing batu kapur tersebut diukir dengan karakter patung sebagai tempat Pandawa Lima dalam kisah Mahabharata.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Sejarah Pantai Pandawa Dikaitkan Kisah Mahabharata

Pantai Pandawa yang dibuka sejak tahun 2010 awalnya bernama Pantai Melasti. Sejarah dan mitos pantai ini dikaitkan dengan kisah Mahabharata yakni Pandawa Lima yang beranggotakan Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa.

Konon, Pandawa Lima terkurung dalam Goa Gala-Gala. Lalu mereka menyelamatkan diri dengan membuat terowongan yang berujung pada sebuah hutan belantara.

Kemudian Pandawa Lima mendirikan sebuah kerajaan bernama Amertha. Yudistira dipercaya oleh empat pandawa lainnya untuk memimpin kerajaan tersebut.

Kisah tersebut akhirnya menjadi asal muasal dinamai Pantai Pandawa yang diresmikan pada 27 Desember 2012. Kemudian, Pandawa Lima dalam kisah Mahabharata diabadikan dalam bentuk patung yang berjejer di tebing batu kapur yang sudah dilubangi.

3 dari 4 halaman

Panorama Pantai Pandawa Indah Menawan

Pantai Pandawa kini menjadi masuk ke dalam daftar pantai yang wajib dikunjungi saat liburan ke Bali. Pantai ini memiliki panoroma yang sangat indah dan menawan.

Pasir putih yang bersih dan air laut berwarna hijau kebiruan sangat disukai oleh wisatawan. Tidak jarang mereka memutuskan untuk berenang di pantai ini.

Bukan itu saja, pantai yang terletak di timur ini membuat wisatawan bisa menikmati keindahan matahari terbit di pagi hari. Berbeda dengan pantai lain yang umumnya menikmati sunset kala matahari terbenam.

Di pantai sejuta pesona ini kamu bisa melihat aktivitas petani rumput laut di sepanjang pantai hingga aktivitas paralayang dan motor trail di atas bukit.

4 dari 4 halaman

Lokasi dan Harga Tiket Pantai Pandawa

Pantai Pandawa terletak di Pantai Gunung Payung, Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Jarak tempih dari Bandara Internasional Ngurah Rai ke Pantai pandawa kurang dari dua jam.

Untuk menikmati pesona Pantai Pandawa tidak gratis. Kamu akan diminta biaya tiket masuk.

Wisatawan dewasa dikenakan tarif masuk Rp8.000 per orang. Sedangkan anak-anak Rp4.000 per orang.

Jika membawa kendaraan roda empat dan roda dua masing-masing akan diminta biaya parkir Rp5.000 dan Rp2.000.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS