Sukses

Dihantam Cuaca Buruk, 2 Truk Terguling di Dalam Kapal di Perairan Pulau Tempurung

Liputan6.com, Cilegon - KMP Nusa Dharma dihantam cuaca buruk dan gelombang tinggi, mengakibatkan truk bermuatan kelapa dan pisang terguling di dalam kapal. Kapal itu berangkat dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung, menuju Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, sekitar pukul 19.00 wib.

"Ketika di tengah perjalanan menuju Pelabuhan Merak, sekitar perairan Pulau Tempurung, kapal mengalami guncangan yang diakibatkan oleh gelombang laut sehingga mengakibatkan 2 unit kendaraan truk terguling," kata Kapolsek KSKP Merak, AKP Deden Komarudin, Minggu (28/11/2021).

Peristiwa itu terjadi Sabtu malam, 27 November 2021. Kapal berhasil sandar di Dermaga 2 Pelabuhan Merak sekitar pukul 21.40 wib.

Evakuasi dua kendaraan yang terguling membutuhkan waktu lama, karena baru selesai Minggu dini hari, 28 November 2021 sekitar pukul 00.30 wib.

"Sekira pukul 00.30 Wib kendaraan truk yang terguling telah selesai dievakuasi dan dapat keluar dari kapal, selanjutnya KMP Nusa Dharma melakukan anchor di dekat perairan Pulomerak Besar karena telah melampaui batas waktu port time," terangnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 2 halaman

Rentetan Musibah Cuaca Buruk di Pelabuhan Merak

PT ASDP Indonesia Ferry memastikan tidak ada lagi kendaraan yang terguling di dalam kapal, akibat cuaca buruk. Beruntung kejadian tersebut tidak menelan korban jiwa.

"Tidak ada korban jiwa. Kendaraan terbalik itu saja di Dermaga 2," kata GM ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Hasan Lessy, Minggu (28/11/2021).

Sebelumnya, pada Sabtu-Minggu, 27-28 November 2021, cuaca buruk yang menerjang Pelabuhan Merak menyebabkan KMP Jatra 3 sulit sandar di Dermaga 6 Eksekutif. Bahkan harus berpindah ke Dermaga 2 untuk menurunkan penumpang dan kendaraan.

Kemudian hari Selasa, 23 November 2021, cuaca buruk di Pelabuhan Merak juga menyebabkan KMP Nusa Jaya dan KMP Farina yang sedang lepas jangkar bertabrakan di dekat Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten.