Sukses

Nestapa Bocah 4 Tahun Jadi Korban Kebakaran di Balikpapan

Suasana sepi di RT 50 Kelurahan Margo Mulyo, Balikpapan Barat, pada Senin (11/10/2021) siang sekitar pukul 11.20 Wita mendadak berubah penuh kepanikan setelah satu rumah tiba-tiba terbakar.

Liputan6.com, Balikpapan - Suasana sepi di RT 50 Kelurahan Margo Mulyo, Balikpapan Barat, pada Senin (11/10/2021) siang sekitar pukul 11.20 Wita mendadak berubah penuh kepanikan setelah satu rumah tiba-tiba terbakar.

Api dengan cepat merembet ke seluruh isi bangunan semi permanen tersebut. Rumah dua pintu itu pun ludes terbakar.

Pemilik rumah David Omanteo, saat itu sedang tidak berada di rumah. Dia tengah menjalani tes Medical Check Up (MCU) untuk keperluan bekerja. Sementara, di rumah hanya ada istri dan dua orang anak saja.

Belum diketahui berasal dari mana, tiba-tiba api menyala di bagian ruang depan rumah tersebut. Salah satu saksi yang juga keluarga pemilik rumah, Warahman (53), saat itu, dia ditelepon oleh istrinya bahwa rumah adiknya yang berada di depan terbakar.

"Saya ditelepon istri katanya rumah adik saya yang di depan terbakar. Saya pas lagi kerja di bengkel langsung ke sini ternyata api sudah besar," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

3 dari 4 halaman

Upaya Evakuasi Korban

Warahman pun berusaha melakukan evakuasi keluarganya dan istri. Saat itu, ia melihat istri dan anak David tengah terkepung asap di bagian belakang. Ia pun berusaha membantu evakuasi melalui pintu belakang.

"Istri sama anaknya itu sudah terkepung asap, lari ke bagian belakang sini. Terus saya bantu evakuasi lewat pintu samping ini. Alhamdulillah semuanya selamat," bebernya.

Dia menyebut rumah tersebut dihuni oleh adiknya yang saat ini tengah sibuk mencari kerja. Dan pada saat kejadian sang adik tengah melakukan tes MCU guna persyaratan masuk kerja. Nahas, rumahnya hangus terbakar.

"Adik saya lagi MCU untuk kerja. Nah, di rumah ini enggak ada aktivitas masak, karena kalau makan mereka selalu ke rumah saya. Belum tahu penyebabnya apa, kemungkinan korsleting," tuturnya.

4 dari 4 halaman

Anak Korban Luka Bakar

Akibat kebakaran tersebut, salah satu anak David, bernama Neva berusia emat tahun mengalami luka bakar saat evakuasi. Ia pun langsung dibawa ke rumah sakit untuk penanganan medis.

"Iya, informasi tadi ada anak perempuan usia lima tahun dievakuasi ke rumah sakit karena mengalami luka. Kita belum tahu karena apa, saat ini sedang dilakukan penanganan medis," kata Kabid Kedaruratan dan Kebencanaan BPBD Balikpapan, Usman Ali di lokasi kejadian.

Usman mengatakan sejauh ini belum diketahui sebab kebakaran tersebut. Saat ini, pihak kepolisian tengah melakukan penyelidikan. Ia menyebutkan sebanyak 8 unit pemadam kebakaran yang diturunkan dan api baru bisa dikuasai sekitar 40 menit kemudian.

"Kendala penanganan karena gang sempit jadi harus tarik selang panjang. Lalu banyak warga yang menonton membuat petugas kesulitan," dia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.