Sukses

Solo International Performing Arts 2021 Kembali Hadir dengan Konsep Unik

Solo International Performing Arts (SIPA) tahun 2021 akan diselenggarakan pada 7-9 Oktober 2021 di Bengawan Solo Park.

Liputan6.com, Solo - Solo International Performing Arts (SIPA) tahun 2021 akan kembali hadir di kota Solo, Jawa Tengah. Panggung pagelaran SIPA tahun ini akan diselenggarakan pada 7-9 Oktober 2021 di Bengawan Solo Park dengan mengusung tema 'The Great Lights of Arts'.

Konsep baru SIPA adalah ikhtiar untuk mencari dan terus mencari konsep panggung seni pertunjukkan. Pada mulanya konsep baru dimulai dengan model hybrid, yakni pergelaran dengan sistem luring dan daring.

Selanjutnya dengan konsep drive-in, yakni penonton dalam menyaksikan pertunjukkan secara langsung berada di dalam mobil. Dalam pergelaran mobil penonton akan diatur sedemikian rupa sehingga menyatu menjadi bagian dari pagelaran.

Penggunaan hybrid dan drive-in menjadi siasat SIPA dalam menghadapi keterbatasan ruang dan waktu di masa pandemi. Dengan menggunakan cara hybrid dan drive-indimungkinkan pagelaran SIPA akan berlangsung dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Penonton yang hadir secara langsung dengan kapasitas terbatas bisa menyaksikan secara langsung tanpa harus khawatir (di dalam mobil) sementara yang tidak bisa hadir secaralangsung bisa menyaksikan secara langsung melalui streaming.

"Inilah konsep baru yang ditawarkan SIPA pada pagelaran tahun ini," demikian dijelaskan dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Senin (4/10/2021).

Seperti tahun-tahun sebelumnya, SIPA akan menampilkan pertunjukan dari lintas wilayah seni, seperti seni musik, seni tari, seni drama dan lain-lain. Delegasi yang akan tampil di panggung SIPA 2021 yaitu: Solo, Aceh, Bangka Belitung, DKI Jakarta, D.I Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Kepulauan Riau, Lampung, Maluku Utara, NTB, Sumatera Barat.

Beberapa delegasi Indonesia akan tampil secara live dan ditonton oleh penonton terbatas. Selain itu, kemeriahan juga dihadirkan melalui penampilan berupa video para delegasi dari beberapa negara, seperti Brasil, Finlandia, Perancis, India, Jepang, Namibia, Serbia, Singapura, Afrika Selatan, Korea Selatan, Spanyol, Tanzania dan Togo.

Tidak hanya itu, perwakilan delegasi dari Belanda dan Malaysia akan menampilkan secara langsung dan ditayangkan melalui zoom. Selain itu, penampilan istimewa dari delegasi perwakilan Peru juga akan tampil secara langsung di panggung SIPA.

Dengan adanya pergelaran Solo International Performing Arts maka muncul kehidupan baru dari seni pertunjukan sebagai daya hidup kota. Selanjutnya seni pertunjukan ini harus bisa menjadi wahana untuk edukasi tentang apresiasi seni bagi masyarakat. Apresiasi itu diperlukan mengingat pentingnya kehidupan seni sebagai bagian dari kehidupan budaya yang menjadi karakter bangsa.

Saksikan Video Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini