Sukses

Lama Terdiam, Lumpur Panas Kesongo Blora Meletus Lagi

Liputan6.com, Blora - Lumpur panas Kesongo di kawasan KPH Randublatung, Dukuh Sucen, Desa Gabusan, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, kembali bergejolak. Setelah lama tak terdengar kabar, Kesongo meletus dan memuntahkan material lumpur setinggi sekitar 70 meter.

Warga di sekitar lokasi sempat berhamburan karena taku terjadi letusan susulan. Menurut pengakuan warga setempat, kawasan itu meletus lagi sekitar pukul 07.00 WIB. Letusan diawali suara gemuruh lalu menyemburkan material lumpur.

Bagio, seorang warga di sekitar lokasi menyebut, biasanya letusan lumpur panas Kesongo menandai pergantian musim dan pertanda bercocok tanam. Letusan kemungkinan akan terus terjadi hingga seminggu ke depan.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Letusan Terbesar

Letusan material lumpur di Kesongo juga pernah terjadi setahun yang lalu. Bahkan material jenis batuan sill yang dimuntahkan mencapai 329.000 m3 (meter kubik).

Kepala Seksi Energi Cabang Dinas ESDM Kendeng Selatan Provinsi Jawa Tengah, Sinung Sugeng Arianto saat itu mengatakan, letusan tahun lalu menjadi yang terbesar selama 30 tahun terakhir.