Sukses

Ditemukan Tewas Gantung Diri, Mahasiswa S2 ITB Tinggalkan Sepucuk Surat

Jasad laki-laki berinisial AN yang diduga tewas gantung diri ditemukan di kontrakannya di Cisitu Lama, Kota Bandung, Jawa Barat, pada Minggu (22/8/2021).

Liputan6.com, Bandung - Jasad laki-laki berinisial AN yang diduga tewas gantung diri ditemukan di kontrakannya di Cisitu Lama, Kota Bandung, Jawa Barat, pada Minggu (22/8/2021). Sebelum tewas gantung diri, mahasiswa Program Studi Magister Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan Institut Teknologi Bandung (ITB) itu meninggalkan sepucuk surat berisi permohonan maaf.

Menurut Kepala Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polrestabes Bandung Ajun Komisaris Besar Rudy Trihandoyo, temuan jasad AN oleh sejumlah saksi sekitar pukul 05.00 WIB dini hari.

"Positif gantung diri. Dia menyiapkan tali, ditemukan di luar kosan," ujar Rudy.

Rudy mengatakan, identitas korban ditemukan tim Inafis yang melakukan evakuasi. Selain itu, pihaknya menemukan sepucuk surat di kamar kos mahasiswa angkatan 2018 itu.

"Kita menemukan secarik surat dalam bahasa Inggris, yang terjemahannya itu kurang lebih permohonan maaf kepada saudara dan keluarga," tuturnya.

KONTAK BANTUAN

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit. Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat. Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mahasiswa Angkatan 2018

Rudi menjelaskan kronologi yang disampaikan tiga orang saksi. Saksi pertama keluar mengambil motor pukul enam pagi. Kemudian, saat melihat lagi ke kamar kosan, korban sudah gantung diri dengan tali tambang. Saksi pertama kemudian melaporkan kepada dua orang temannya.

Menurut Rudy, korban diperkirakan melakukan aksi nekatnya itu rentang waktu antara 04.00-05.00 dini hari. Hal itu berdasarkan keterangan para saksi, korban masih terlihat beraktivitas hingga malam hari.

Jenazah pun langsung dievakuasi ke Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung dan dalam pengurusan pihak keluarga almarhum yang tinggal di Bandung. Berdasarkan informasi yang dihimpun, jenazah akan dibawa dan dimakamkan di daerah asalnya di Pamekasan, Madura.

Terpisah, Kabiro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat ITB Naomi Haswanto membenarkan AN merupakan salah seorang mahasiswa S2. AN tercatat sebagai mahasiswa angkatan 2018 pada prodi Struktur Teknik Sipil FTSL ITB.

"Almarhum sudah menempuh studi di ITB selama 3 tahun (6 semester) dan sedang dalam tahap menyusun tesis. Menurut data dan informasi resmi ITB, almarhum AN berasal dari Madura dan berdomisili di Bandung pada suatu rumah kos yang berlokasi di Cisitu Lama, bersama beberapa rekannya yang juga berstatus sebagai mahasiswa Teknik Sipil ITB," tutur Naomi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.