Sukses

5 Bulan Program Vaksinasi Covid-19 di Sulut, Bagaimana Realisasinya?

Dandel mengatakan, untuk menyikapi kondisi itu, program vaksinasi Covid-19 untuk lansia di Sulut ini telah didekatkan ke lokasi-lokasi berbasis tempat ibadah demi meningkatkan cakupannya.

Liputan6.com, Manado - Sudah 5 bulan program vaksinasi Covid-19 dijalankan di Sulut sebagai salah satu langkah mengendalikan pandemi. Setelah sebelumnya sempat terkendala pada vaksinasi untuk warga lanjut usia, bagaimana capaian program yang dicanangkan pada Januari 2021 itu?

"Hal yang menggembirakan yang bisa kami laporkan adalah capaian vaksinasi untuk pelayan publik hari ini mencapai 100 persen untuk dosis pertamanya," ungkap Jubir Satgas Covid-19 Provinsi Sulut dr Steaven Dandel, Selasa (15/6/2021).

Dari total 194.979 pelayan publik yang disasar selama tahap II ini telah dijangkau. Walaupun demikian, data sasaran ini bisa saja kemudian berbeda dengan data aktual. Oleh karena itu, program vaksinasi tetap dilaksanakan berkesinambungan.

"Tantangan terberat adalah sasaran kelompok lansia yang sampai hari ini baru bisa menyasar 15 persen dari target," ujar Dandel.

 

Simak juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mendekati Tempat Ibadah

Dandel mengatakan, untuk menyikapi kondisi itu, program vaksinasi lansia di Sulut ini telah didekatkan ke lokasi-lokasi berbasis tempat ibadah demi meningkatkan cakupannya. Pencapaian yang juga patut disyukuri adalah tercapainya target 10 ribu suntikan per hari, atau tepatnya 10.157 suntikan.

"Target ini memang dicanangkan untuk menggenjot pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Sulut," katanya.

Setelah sebelumnya menyasar tenaga kesehatan, pelayan publik, dan lansia, sasaran selanjutnya adalah masyarakat umum. Bila tidak mencapai 10 ribu suntikan per hari, maka timeline target selesainya vaksinasi bisa bergeser dari akhir tahun 2021 menjadi pertengahan 2022.

"Diharapkan pencapaian vaksinasi ini akan mampu dipertahankan sampai selesainya program vaksinasi Covid-19 ini di Sulut," Dandel memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Vaksinasi Covid-19 adalah pemberian vaksin (antigen) yang dapat merangsang pembentukan imunitas (antibodi) sistem imun dari Covid-19.
    Vaksinasi Covid-19 adalah pemberian vaksin (antigen) yang dapat merangsang pembentukan imunitas (antibodi) sistem imun dari Covid-19.

    vaksinasi covid

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Sulut