Sukses

Berusia Hampir 100 Tahun, Eddy Yoshawirja Jadi Penerima Vaksin Covid-19 Tertua di Bandung

Eddy Yoshawirja menjadi lanjut usia (lansia) tertua yang menerima vaksin Covid-19 di Kota Bandung, Jawa Barat.

Liputan6.com, Bandung - Eddy Yoshawirja menjadi lanjut usia (lansia) tertua yang menerima vaksin Covid-19 di Kota Bandung, Jawa Barat. Ia mendapat suntikan pertama vaksin pada usia yang ke-99 tahun atau hampir satu abad.

Eddy diketahui menerima vaksin Covid-19 dosis pertama di Rumah Sakit Borromeus Bandung, pada Senin (1/3/2021) lalu. Adapun Eddy tercatat lahir di Bandung pada 12 Juni 1921. Artinya, ia disuntik ketika usianya memasuki 99 tahun dan 9 bulan.

"Jadi, Senin (1/3/2021) itu saya dan bapak ikut divaksin. Disuntik vaksin dosis pertama," ujar putra Eddy yang bernama Benny Bernardus Yoshawirja saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (9/3/2021).

Sebelum divaksin, Benny mengaku ia sendiri yang mendaftarkan ayahnya untuk divaksin. Benny yang juga masuk kategori lansia juga ikut mengisi pendaftaran online vaksinasi di laman Kementerian Kesehatan.

"Kebetulan istri saya dokter. Infonya dari dia dan waktu pertama keluar link dari Kemenkes saya langsung daftarkan," kata Benny.

Setelah didaftarkan, Benny mengungkapkan ia dan sang ayah mendapatkan jadwal dan nomor antrean vaksinasi. Pada hari penyuntikan vaksin, sesuai prosedur keduanya mengisi formulir vaksinasi. Salah satu kendala, Eddy didapati memiliki riwayat penyakit ginjal.

"Ada screening formulir waktu itu dan bapak enggak lolos karena ada historis sakit ginjal. Jadi enggak boleh divaksin. Kemudian saya tanya ke dokter, dari dokter umumnya, internis, yang mengurusi vaksin juga dikonsultasikan. Dari lima, yaitu dr David Susilo, dr Dian Y, dr Monic, dr Gideon dan dr Luciana Anggraeni M Kes menyatakan boleh divaksin," tutur Benny.

Seperti diketahui, vaksinasi Covid-19 di Kota Bandung mulai menyasar para lansia atau manula. Vaksinasi lansia ini akan diakselerasi di minggu ini dengan berbagai upaya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rekor Lansia Tertua Divaksin di Indonesia

Untuk diketahui, lansia penerima vaksin Covid-19 dengan rekor usia paling tua dicatat oleh Siti Rumende Harahap. Siti tercatat lahir pada 21 November 1921.

Serupa dengan Eddy, wanita kelahiran Pahae, Tapanuli Utara itu usianya akan genap 100 tahun. Adapun Siti Rumende menerima vaksin pertama di Puskesmas Cilandak, Jakarta Selatan, pada 26 Februari 2021.

Benny menuturkan, tidak ada keluhan yang dirasakan langsung oleh ayahnya setelah divaksinasi. "Tidak ada keluhan sama sekali," ujarnya.

Benny juga menyebut ada beberapa hal yang menjadi resep umur panjang sang ayah.

"Bapak semasa hidupnya, tidak merokok, dan tidak minum minuman beralkohol, olahraga teratur, makan tepat waktu, tidur tepat waktu, dan kedisiplinan yang luar biasa. Pola hidup dengan kejujuran semasa muda inilah yang membawa bapak hidup sehat dan berumur panjang," tuturnya.

Benny pun bersyukur dan lega karena sang ayah sudah divaksin. Pemerintah telah memberi prioritas kepada warga lansia untuk menerima vaksin Covid-19.

"Di usia beliau jelang 100 tahun tentu bersyukur, puji Tuhan sudah divaksin. Saya sendiri sangat lega dengan vaksinasi, saya lebih merasa lebih aman," ujarnya.

"Saya imbau agar orang-orang ikut divaksin, enggak usah takut. Saya saja bawa orangtua yang umur seratus tahun dan puji Tuhan ia menjadi contoh dan panutan yang baik," cetus Benny.

Eddy Yoshawirja dijadwalkan akan kembali menjalani vaksinasi Covid-19 dosis kedua di Rumah Sakit Borromeus, Senin (29/3/2021) mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.