Sukses

2 Hektare Lahan Gambut di Nagan Raya Terbakar, Cuaca Panas Jadi Kambing Hitam

Liputan6.com, Nagan Raya - Sebanyak dua hektare lahan gambut milik warga di Desa Lamie, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, terbakar. Api hingga Kamis malam, (18/2/2021) masih sulit dipadamkan.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Haslinda Juwita mengklaim, kebakaran lahan gambut itu disebabkan cuaca panas. Kebakaran sendiri sudah terjadi sejak Rabu (17/2/2021).

Sejumlah petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nagan Raya, Aceh bersama TNI, Polri dan masyarakat dikerahkan ke lokasi kebakaran guna memadamkan api.

Namun karena ketiadaan sumber air di lokasi kejadian, menyebabkan upaya pemadaman kebakaran lahan gambut yang dilakukan petugas dan masyarakat juga terkendala.

"Upaya pemadaman terpaksa dilakukan dengan cara manual mengunakan ranting kayu di sekitar lokasi kejadian, dikarenakan tidak adanya sumber air di titik lokasi kebakaran," kata Haslinda.

Akses jalan yang tidak bisa dilalui kendaraan juga menjadi kendala. Akibatnya armada pemadam kebakaran milik BPBD Nagan Raya yang dikerahkan ke lokasi tidak bisa melakukan upaya pemadaman.

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini: