Sukses

Ridwan Kamil: Warga Bekasi Paling Patuh Pakai Masker, Depok Terlalai Jaga Jarak

Liputan6.com, Bandung - Pada pekan ini, sebanyak enam daerah di Jawa Barat masuk ke dalam zona merah atau risiko tinggi penyebaran Covid-19. Keenam daerah tersebut adalah Kabupaten Karawang, Kabupaten Bandung, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bekasi, dan Kota Depok.

Jumlah zona merah tersebut sama dengan jumlah pada pekan sebelumnya, yaitu enam daerah.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan bahwa Karawang menjadi yang terlama di level kewaspadaan risiko tinggi penularan Covid-19.

"Minggu ini masih ada enam daerah zona merah. Yang masih kita prihatin adalah Karawang masih zona merah," kata pria yang karib disapa Emil itu dalam konferensi pers di Makodam III/Siliwangi, Kota Bandung, Senin (18/1/2021).

Dalam catatannya, Karawang sendiri sudah enam pekan berturut-turut masuk dalam zona merah. Oleh karena itu, pihak Satgas Provinsi Jabar akan mendatangi Karawang untuk membantu penanganan Covid-19.

"Jadi kami akan lakukan kunjungan kerja secepatnya ke sana," tutur Emil.

Sementara itu, keterisian rumah sakit penanganan Covid-19 di Jabar sudah menunjukkan penurunan. Hal itu dikarenakan sudah adanya fasilitas kesehatan di berbagai gedung instansi negara.

"Alhamdulillah berkat hadirnya berbagai fasilitas ruang isolasi baik di Secapa, Kota Bogor, dan lain-lain maka tingkat keterisian kita bisa turun lebih dari 5 persen, yang tadinya 77,87 persen sekarang 72 persen. Mudah-mudahan seterusnya bisa berkurang," kata Emil.

2 dari 3 halaman

Kota Bekasi Disiplin Bermasker

Emil juga menyampaikan penilaian kepatuhan warga terhadap disiplin memakai masker dan menjaga jarak. Penilaian tersebut didapatkan dari data yang dilaporkan Satpol PP, TNI, dan Polri.

"Jadi daerah yang paling patuh masyarakatnya memakai masker adalah Kota Bekasi. Saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat Kota Bekasi. Tapi yang paling tidak patuh memakai masker Kabupaten Tasikmalaya," kata dia.

Kota Bekasi juga juga menjadi wilayah yang warganya patuh menjaga jarak. Sedangkan daerah yang paling tidak patuh menjaga jarak adalah Kota Depok.

"Jadi kepada yang sudah patuh tolong dipertahankan, kepada yang tidak patuh saya titip kepada wali kota/bupati untuk terus mengedukasi masyarakatnya karena tingkat kepatuhan di Jawa Barat itu antara 60-70 persen. Dari rata-rata sebelum PPKM 50-an sekarang naik memakai masker ke angka 70-an persen dan menjaga jarak sekitar 60-an persen," kata Emil.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini