Sukses

VIDEO: Hikayat Pesantren Durian di Pegunungan Cilacap

Liputan6.com, Jakarta - Pondok Pesantren El Muslim di Desa Pesahangan, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap mengembangkan kurikulum pesantren yang dikombinasikan dengan potensi lokal, yakni pertanian. Di pesantren yang terintegrasi dengan SMK Komputama Pesahangan ini, santri tak hanya mengaji, akan tetapi juga berlatih pertanian secara intensif, terutama durian.

Di tempat yang sama, santri juga belajar merawat pandan. Tanaman penting untuk masyarakat Pesahangan dan sekitarnya yang mayoritas berprofesi sebagai perajin tikar. Di lokasi yang sama, ada sekitar enam hektare kebun durian yang dikelola dan dikerjasamakan oleh Yayasan Nurjalin dan Pondok Pesantren El Muslim dengan masyarakat sekitar.

Di luar kegiatan bertani, santri juga bersekolah di SMK yang didirikan terintegrasi dengan pesantren. Di satu sisi, santri mempelajari pertanian, namun di sisi lainnya juga belajar teknologi atau IT. Kombinasi keahlian pertanian dan kemampuan IT ini akan mendongkrak sektor pertanian di masa mendatang.