Sukses

Jangan Asal Selonong, Masuk Mal di Manado Wajib Rapid Test

Pemprov Sulut manghadirkan layanan screening rapid test di pusat-pusat perbelanjaan selama masa liburan Natal dan Tahun Baru.

Liputan6.com, Manado - Demi mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 di Kota Manado, Pemprov Sulut mewajibkan tiap orang melakukan rapid test sebelum masuk ke dalam pusat perbelanjaan dan mal. Pemprov Sulut bahkan telah manghadirkan layanan screening rapid test di pusat-pusat perbelanjaan selama masa liburan Natal dan Tahun Baru.

"Kebijakan ini merupakan instruksi langsung dari Gubernur Sulut Olly Dondokambey kepada Satgas Covid-19 Sulut sebagai bentuk kehadiran pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penularan Covid-19 khususnya di Manado," ungkap Jubir Satgas Covid-19 Provinsi Sulut, Steaven Dandel, Selasa (22/12/2020).

Dandel mengatakan, tujuan utama dari kebijakan ini adalah deteksi dini potensi penularan Covid-19 di masyarakat, dengan cara menyaring individu yang mungkin dapat menularkan Covid-19, sebelum mereka berinteraksi dan melakukan aktivitas ekonomi di pusat-pusat perbelanjaan di Manado.

Hal ini perlu dilakukan mengingat selama masa persiapan perayaan Natal dan Tahun Baru, protokol kesehatan lewat physical distancing menjadi sesuatu yang cukup sulit dilakukan.

"Karena meningkatnya kunjungan masyarakat di pusat perbelanjaan modern ini. Pusat-pusat perbelanjaan modern memiliki sirkulasi udara tertutup sehingga resiko penularan bisa lebih meningkat ketika jumlah orang yan datang makin banyak," ujar Dandel.

Dia mengatakan, dengan pelaksanaan screening rapid test ini, diharapkan akan terjadi pengurangan risiko penularan yang bermakna, sehingga aktivitas ekonomi tetap bisa berjalan. Pada akhirnya juga masyarakat Sulut bisa merayakan Natal dan Tahun Baru dengan aman.

"Kebijakan ini diimplementasikan mulai Rabu 23 Desember 2020, di ManadoTown Square dan juga akan diperluas sampai ke pusat perbelanjaan yang lainnya,” ujar Dandel.

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.