Sukses

6 Makanan Ini Wajib Dicicipi Saat Mampir ke Kota Palembang

Liputan6.com, Palembang - Jika berwisata ke Kota Palembang, singkirkan pikiran untuk rencana berlibur ke pantai atau mendaki gunung yang indah.

Sebagai kawasan metropolitan, Kota Palembang nyaris tidak mempunyai wisata alam yang memanjakan mata seperti di kota wisata lainnya di Indonesia.

Namun untuk urusan kuliner, Kota Palembang menjadi daerah yang pas untuk menjajal segala jenis makanan lokal dengan cita rasa yang unik.

Dari beragam kuliner khas Palembang, ada enam jenis makanan yang wajib dicicipi jika bertandang ke Ibu Kota Sumatera Selatan (Sumsel) ini.

1. Mi Celor

Makanan ini juga biasanya sering dikonsumsi di pagi hari. Mi celor sendiri terdiri dari mi kuning, telur rebus dan kaldu mi celor yang khas.

Biasanya warga Palembang sering menamai mi celor ini dengan sebutan spaghetti ala Palembang. Karena bentuk mi dan kuahnya menyerupai makanan yang berasal dari Italia ini.

Untuk satu porsi mi celor, dihargai sebesar Rp10.000 hingga Rp20.000. Para pelancong bisa mencicipi mi celor di kawasan Jalan Merdeka atau pun di toko pempek di Kota Palembang.

2. Pindang Ikan

Selesai sarapan pagi, menu yang cocok untuk membuat perut kenyang di siang hari adalah pindang ikan.

Beragam ikan yang tercampur dalam kuah pindang ini bisa dipilih sesuai selera, seperti ikan gabus, ikan baung, ikan patina tau pun ikan salai.

Yang unik dari menu makan siang ini, pindang ikan wajib didampingi dengan campuran kembang kemangi dan nanas.

Fungsi nanas sendiri, untuk mengontrol kadar kolesterol usai menyantap pindang ikan. Untuk satu porsi pindang ikan, dihargai sekitar Rp25.000 hingga Rp50.000.

Salah satu tempat penjualan pindang ikan yaitu di tepian Sungai Musi di Pasar Tradisional 16 Ilir Palembang. Di sana ada kapal terapung yang menyediakan menu pindang ikan.

 

 

2 dari 4 halaman

3. Pempek Palembang

Penganan berbahan tepung tapioka dan ikan giling ini menjadi ikon Kota Palembang. Pempek Palembang menjadi makanan favorit warga Palembang, terlebih menjadi menu sarapan di setiap pagi.

Para pelancong biasanya berburu pempek Palembang ke berbagai pusat jajanan di Kota Palembang Sumsel. Bahkan, orderan pempek Palembang ke luar daerah bisa mencapai 7 ton per bulan sebelum pandemi Covid-19.

Ada beragam jenis pempek Palembang yang bisa dinikmati, mulai dari pempek telur, pempek pepaya, pempek tahu, pempek kulit, pempek adaan, pempek lenjer, pempek panggang dan pempek kulit.

Untuk harganya sendiri, ditaksir mulai daro Rp1.000 hingga Rp.4.000 per biji pempek Palembang. Berbagai pusat jajanan khusus pempek Palembang yang bisa didatangi yaitu di Pasar 26 – 26 Ilir Palembang, Jalan Dempo Dalam Palembang dan hampir di sepanjang jalan di Kota Palembang.

4. Pempek Lenggang

Sama halnya dengan pempek Palembang berukuran kecil, pempek lenggang ini pun tak kalah nikmat.

Namun ada yang berbeda pada proses olahan pempek lenggang ini. Jika pempek biasanya dibuat dengan direbus dan digoreng, pempek lenggang malah dipanggang.

Pempek lenggang ini terbuat dari potongan kecil pempek lenjer dicampur dengan telur ayam atau pun telur bebek.

Adonan ini dicampur di dalam daun pisang yang dibentuk kotak, lalu dipanggang di atas bara api. Harganya sendiri cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rpp10.000 hingga Rp20.000.

 

3 dari 4 halaman

5. Es Teler

Jika mendengar namanya, orang pasti akan kebingungan dengan menu ini yang berarti bisa membuat teler. Tenang saja, teler hanya namanya saja.

Nyatanya, es teler berisi beragam jenis potongan buah nanas dan nangka, es rumput laut, serutan timun dan selasih, agar dan lainnya.

Es teler sangat cocok dinikmati usai menyantap menu makan siang pindang ikan. Harganya juga cukup terjangkau, mulai dari Rp8.000 hingga Rp15.000 per porsi.

6. Kemplang Bakar

Ada juga salah satu kuliner yang menjadi ciri khas Kota Palembang, yaitu kemplang bakar. Cemilan ini seringkali dijajakan di warung-warung di perkampungan, di pusat jajanan hingga toko-toko kerupuk di Kota Palembang.

Kemplang bakar tersebut berbahan ikan giling dengan campuran tepung tapioka, lalu dibentuk seperti bulat besar dan dijemur hingga kering. Setelah kering, bahan kemplang dibakar di atas bara api langsung.

Untuk satu bungkus kemplang bakar ini dihargai antara Rp15.000 hingga Rp40.000. Harganya tergantung dari jenis ikan yang digunakan.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :