Sukses

Izin Pendirian Pesantren Temui 'Jalan Terjal' dalam RUU Cipta Kerja

Politikus Demokrat Hasani Bin Zuber meminta aturan pendirian pesantren itu dikaji ulang agar tak tumpang tindih dengan UU Pesantren.

Liputan6.com, Bangkalan - Rancangan Undang-undang Cipta Kerja (Omnibus Law) terus menuai banyak protes. Protes terbaru datang dari Komisi VIII DPR karena dalam salah satu pasalnya mencantumkan perihal izin pendirian pondok pesantren harus berupa perizinan berusaha yang dikeluarkan pemerintah pusat.

Bila tak memenuhi syarat yang termaktub dalam pasal 68 ayat 5 RUU Cipta Kerja, ayat 10 di pasal yang sama mencantumkan sanksi pidana hingga Rp1 miliar bagi pendiri pesantren.

Anggota Komisi VIII, Hasani Bin Zuber menilai sanksi pidana untuk sebuah pelanggaran administratif sebagai sesuatu yang janggal karena mestinya pelanggaran administrasi sanksinya berupa sanksi administratif pula.

Politikus Demokrat ini juga melihat syarat pendirian pesantren dalam Omnibus Law, bertentangan dengan Undang-undang Pondok Pesantren yang telah disahkan pada 2019 silam.

Dalam pasal 6 ayat 3 Undang-Undang Pesantren hanya menyaratkan pesantren yang telah memenuhi syarat berupa adanya kiai, santri, asrama, musala, atau masjid dan kelas, cukup mengajukan izin terdaftar dari menteri terkait.

"Saya melihat ada potensi tumpang tindih peraturan," ujar dia kepada Liputan6.com saat ditemui di Kabupaten Bangkalan, Senin (31/8/2020).

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perlu Dikaji Ulang

Selain dua hal itu, Hasani juga menilai kurang tepat bila perizinan pendirian pesantren masuk dalam RUU Cipta Kerja.

Karena sejak awal tujuan utama Omnibus Law dirancang hendak menyederhanakan lebih dari 70 undang-undang karena dianggap menghambat investasi.

Sementara menurut Hasani, pondok pesantren bukanlah lembaga berorientasi profit sehingga mestinya tidak termasuk dalam kategori yang harus mengantongi perizinan berusaha.

"Saya kira, aturan tentang pesantren dalam Omnibus Law perlu dikaji ulang, agar tak menjadi masalah di kemudian hari," ungkap aktivis muda Nahdlatul Ulama ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.