Sukses

Fakta Unik Nama-Nama Khas Masyarakat Bali

Penasaran dengan nama-nama orang Bali? Kenapa nama orang Bali harus memiliki banyak makna. Yuk simak artikel di bawah ini.

Liputan6.com, Denpasar Siapa sih yang tidak tau tentang Pulau Bali? Bukan hanya di wilayah Indonesia, Tapi pulau dengan nama Seribu Pura ini juga sangat dikenal di mancanegara. Bali tak hanya memiliki budayanya yang unik dan alamnnya yang indah, Bali banyak memiliki keunikan lain. Ya. Masyarakat Bali memiliki sederet nama-nama unik dan khas. Menariknya, tak hanya unik saja, ada nama-nama lain yang menarik dikulik menurut kastanya.

Penggunaan nama oleh warga Bali, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah tentang kategori atau golongan. Untuk diketahui di Bali terbagi dalam dua kategori atau golongan. Golongan masyarakat biasa dan golongan dari keluarga kerajaan atau istana. 

Dewan Pimpinan Kabupaten Perhimpuan Pemuda Hindu Indonesia, Jro Penyarikan Duwuran Batur menjelaskan masyarakat Bali terbagi menjadi menjadi dua sistem atau golongan. "Pertama Jaba (luar) termasuk golongan di luar istana," ucapnya memulai perbincangan dengan Liputan6.com, Kamis (27/8/2020).

Kedua, Jro melanjutkan, golongan Triwangsa yang terbagi dalam beberapa bagian, mulai dari Brahmana, Satria dan Waysa. "Nah biasanya kalau brahmana itu, Ida Bagus dan perempuan Ida Ayu. Sedangkan Ksatria ada Tjokorda, Ada Anak Agung, I Dewa dan I Desak, ada juga Gusti," kata dia.

Jro menambahkan, Jika masyarakat Jaba atau yang diluar Triwangsa menggunakan nama-nama umum seperti Wayan, Kadek, Ketut dan lainnya.

"Nama anak pertama itu Wayan berarti Wayahan (pertama), Gede dan Putu. Anak kedua Made dan Nengah, anak ketiga ada Nyoman, Komang dan keempat Ketut nama yang artinya ngatut atau sebagai dia sebagai penutup sistem KB Bali," ujarnya.

"Jika lahir anak kelima akan kembali lagi kepada nama pertama Wayan. Nama anak kelima Wayan dan seterusnya," tuturnya.

Sementara itu, Selain nama tersebut di atas. Bali juga memiliki nama-nama yang mempunyai keistimewaan. Bahkan, di beberapa daerah di Bali ada yang memiliki nama panggilan khusus untuk anak-anak gadis di daerahnya.

"Ada yang menggunakan nama Iluh. Panggilan ini untuk menyebut anak gadis Bali. Biasanya nama ini lebih banyak digunakan di daerah Buleleng, Singaraja," ucap dia.

"Nama lainnya yang memiliki anugerah dan tanggung jawab tertentu ialah Jro. Nama ini digunakan untuk panggilan kepada pemangku (pendeta Hindu), Jro Balian (pengobatan) atau Jro Pemuput Rohaniawan yang menyelesaikan upacara2 di pura-pura," ucapnya.

Nah, Bermanfaat tidak informasi di atas?. Ayo coba dilihat daftar teman kalian dari Bali. Masuk kategori manakah nama teman kamu? 🙂

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini