Sukses

Bali Bangun Laboratorium Uji Sampel Covid-19 di RSUP Sanglah

Tujuannya agar lebih cepat melakukan uji laboratorium.

Liputan6.com, Denpasar - Untuk mempercepat pemeriksaan pasien suspect Covid-19, Pemerintah Provinsi Bali tengah mempersiapkan laboratorium untuk menguji sampel swab orang yang diduga terpapar Covid-19.

Adalah RSUP Sanglah Denpasar yang ditunjuk sebagai rumah sakit untuk mempersiapkan peralatan dan bahan-bahan lainnya sebagai laboratorium uji sampel swab.

"Saat ini sedang dipersipakan alat-alat dan bahan kimianya. Mudah-mudahan dalam waktu dekat laboratorium ini sudah bisa berfungsi dengan baik," kata Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Bali, Dewa Made Indra dalam keterangan resminya yang disampaikan secara live streaming, Minggu (22/3/2020).

Sejauh ini, sampel swab pasien suspect Covid-19 di Provinsi Bali harus dikirim ke Jakarta atau Surabaya. Membutuhkan beberapa hari untuk mengetahui hasil uji sampel pasien bersangkutan negatif atau positif Covid-19.

"Dengan adanya laboratorium ini kita tak harus menunggu lama hasil uji laboratorium yang kita kirim ke Jakarta atau Surabaya," tutur dia.  

Dengan berfungsinya laboratorium di RSUP Sanglah Denpasar kelak, Dewa Made Indra berharap pemeriksaan sampel swab pasien suspect Covid-19 dapat menjadi lebih cepat.

Di sisi lain, ia juga menjelaskan jika Pemprov Bali sedang mempersiapkan peralatan untuk dilakukan screening dan rapid test bagi orang dengan pengawasan (ODP).

"Sehingga, kita bisa mengurangi kepanikan dan kegalauan di masyarakat. Screening rencananya akan dilakukan di Rumah Sakit Kesdam Udayana. Semuanya sedang dipersiapkan, mudahan-mudahan bisa segera dilaksanakan," papar dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.