Sukses

Banjir Saat Susur Sungai di Sleman, 224 dari 257 Siswa SMP Sudah Bisa Dikontak

Masih ada 26 siswa yang belum diketahui keberadaannya.

Liputan6.com, Sleman - Siswa-siswi SMP Negeri 1 Turi Kabupaten Sleman, DIY hanyut terbawa banjir sungai Sembor, Jumat (21/02/2020). Mereka dibawa arus sungai yang deras ketika mengikuti kegiatan susur sungai.

Hingga berita ini ditulis, jumlah siswa yang sudah ditemukan 6 orang. Menurut Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB, Agus Wibowo melalui siaran pers yang diterima Liputan6.com, dari 6 siswa yang ditemukan 4 orang ditemukan meninggal dunia.

“Yang sudah teridentifikasi ada dua orang. Masing-masing Nur Azizah dan Arisma,” kata Agus.

Adapun lokasi kecelakaan itu berada di sungai Sembor yang berada di Dusun Dukuh, Desa Donokerto, Kecamatan Turi, Sleman, D.I. Yogyakarta.

Siswa siswi yang mengikuti kegiatan susur sungai dari kelas 7 dan kelas 8. Total seluruh siswa yang ikut kegiatan ini mencapai 257 orang. Dari jumlah itu 224 diantaranya sudah berhasil dikontak dan dipastikan dalam kondisi selamat.

“Data masih simpang siur, tetapi yakinlah petugas gabungan akan memberikan yang terbaik,” kata Agus.

Adapun kronologinya, saat para siswa itu sedang menyusur sungai, tiba-tiba terjadi banjir dengan arus deras dalam waktu yang cepat. Mereka yang sudah terlanjur berada di sungai dan tidak sempat menyelamatkan diri akhirnya hanyut.

“Saat ini tim gabungan dari SAR dan Polres Sleman masih mencari korban hanyut akibat banjir itu. Pihak BPBD dan TNI turut membantu dalam penanganan darurat,” kata Agus Wibowo.

Simak video penyelamatan korban susur sungai berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.