Sukses

Karpet Merah Gerindra untuk Gibran Rakabuming Raka

Pilkada Solo sangat istimewa. Hal itu tak lepas dari kehadiran Gibran Rakabuming dalam kontestasi politik di kota asal Jokowi itu

Semarang - Partai Gerindra sepertinya akan mengarahkan dukungannya kepada putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, pada Pilkada Solo 2020 mendatang.

Hal itu disampaikan Ketua DPD Partai Gerindra Jateng, Abdul Wachid, saat menggelar syukuran perayaan Hari Lahir (Harlah) ke-12 Partai Gerindra di Kantor DPD Partai Gerindra Jateng, Kota Semarang, Kamis (6/2/2020).

Wachid mengatakan saat ini DPP Partai Gerindra memang belum mengumumkan secara resmi arah dukungannya pada Pilkada Solo nanti. Meski demikian, dari bocoran yang diperolehnya dukungan partai bentukan Prabowo Subianto itu akan lebih mengarah kepada putra sulung Jokowi.

Bocoran itu, lanjut Wachid, diperoleh saat dirinya menghadiri undangan makan malam dengan Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra di Jakarta, beberapa waktu lalu. "Saat itu kami tanyakan bagaimana sikap partai [Gerindra] di Pilkada Solo. Jawabannya, sepertinya condong ke Mas Gibran," ujar Wachid.

Wachid juga menyebut Pilkada Solo sangat istimewa. Hal itu tak lepas dari kehadiran Gibran Rakabuming dalam kontestasi politik di kota asal Jokowi itu. "Solo itu dianggap daerah spesial. Salah satunya ya karena munculnya Mas Gibran dalam pencalonan itu," jelasnya.

Sikap Gerindra ini pun seakan-akan semakin memperlebar jalan Gibran dalam pencalonannya pada Pilkada Solo 2020. Padahal Gibran hingga saat ini masih belum mendapat rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai cawali Kota Solo.

Putra sulung Jokowi itu masih bersaing dengan Achmad Purnomo yang diusung Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kota Solo sebagai cawali Kota Solo pada Pilkada 2020.

Diberitakan sebelumnya oleh Solopos.com, dua pimpinan parpol itu yakni Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Mereka meminta kadernya di daerah allout memenangkan Gibran.

Ketua DPC Partai Gerindra Solo, Ardianto Kuswinarno, saat jumpa wartawan di Warung Makan Pecel Madiun, Jajar, Laweyan, Solo, Jumat (7/2/2020), mengatakan Prabowo memberikan angin segar dukungan kepada Gibran.

“Ketua DPD Partai Gerindra Jateng sudah berbicara dengan Pak Prabowo saat acara HUT ke-12 Partai Gerindra di Kartanegara [Jakarta]. Dengan tanda kutip dukungan sudah diberikan. Tapi tetap harus menunggu rekomendasi resmi PDIP,” tutur dia.

Dapatkan berita menarik Solopos.com lainnya, di sini:

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.