Sukses

Buntut Asap Keluar dari Jalan di Simpang Cipaganti-Pasteur Bandung

Liputan6.com, Bandung - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bandung mengaspal ulang jalan di persimpangan Cipaganti, Pasteur, Selasa (14/1/2020). Sebelumnya, aspal di bawah jembatan layang Pasopati itu mengeluarkan asap berwarna putih.

Petugas Dinas PU tampak membongkar aspal seluas 2x1 meter tersebut sekitar pukul 08.30 WIB. Mereka menggunakan jackhammer untuk membongkar aspal.

"Jadi hari ini aspal yang mengeluarkan asap itu dibongkar. Setelah itu kita hotmix lagi," kata Kepala UPT Cibeunying Dinas PU Kota Bandung, Lilis.

Lilis menjelaskan, pembongkaran aspal juga dilakukan untuk mengetahui sumber asap. Selama proses pembongkaran, asap beberapa kali kembali muncul meski dengan intensitas kecil dan singkat.

"Dicoba dulu segini yang dibongkar. Kalau mengeluarkan lagi asap semuanya (sekitar 5x1 meter) dihot mix," tuturnya.

Setelah aspal dibongkar, petugas Dinas PU melakukan pengaspalan ulang. Proses pengaspalan itu sempat membuat jalan simpang Cipaganti-Pasteur ditutup sebagian. Petugas Dishub turun langsung mengatur lalu lintas.

2 dari 2 halaman

Asal Mula Asap

Setelah aspal dibongkar, ternyata diketahui asap berasal dari material jalan berupa cat pelapis aspal. Di lokasi memang terlihat cat merah pelapis aspal yang merupakan marka jalan tanda pemberhentian kendaraan bermotor.

Cat merah tersebut menurut Lilis diduga dilapisi lagi menggunakan cat hitam oleh Dinas Perhubungan (Dishub). Cat oven yang menimpa aspal menyebabkan adanya tekanan dari bawah ke atas.

Namun demikian, pihaknya belum mengetahui pasti terkait bahan cat oven tersebut.

"Untuk jenis bahannya kita enggak tahu. Harus nanya ke Dishub," ucapnya.

Sebelumnya, asap berwarna putih mengepul keluar dari dalam aspal jalan di persimpangan Jalan Cipaganti-Pasteur, pada Senin (13/1/2020). Semula asap yang keluar dari aspal diduga berasal dari kabel jaringan yang terbakar.

Simak video menarik di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Jasa Raharja Gerak Cepat Proses Santunan Korban Kecelakaan Bus di Ciater Subang
Artikel Selanjutnya
Kesbangpol Bandung Buka Suara soal Keabsahan Kelompok Sunda Empire