Sukses

Eloknya Buntu Liarra, Negeri di Atas Awan dari Kabupaten Mamasa

Liputan6.com, Mamasa - Buntu Liarra, begitulah para pelancong menyebutnya. Lokasi wisata yang berada di Desa Talimbang, Kecamatan Tandu Kalua, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat ini menjadi primadona dua tahun belakangan ini.

Di puncak Buntu Liarra, para pelancong akan disuguhi pemandangan indah hamparan lembah dan pegunungan yang hijau. Dipagi hari, pelancong dapat menikmati awan berarak bak sedang berada di negeri di atas awan. 

"Saya sudah beberapa kali kesana, itu adalah negeri di atas awannya Kabupaten Mamasa. Kita betul-betul dikelilingi awan jika berada di puncaknya," kata Andi Karina, salah seorang pendaki asal Polewali Mandar, Rabu (14/11/2019).

Karina menjelaskan bahwa akses jalan menuju Buntu Liarra kini sudah lebih baik sejak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Mamasa membanahi jalan poros Polewali-Mamasa.

Untuk menuju ke sana, dari ibu kota Kabupaten Mamasa, pelancong bisa menempuh perjalanan menggunakan kendaraan roda dua menuju Desa Balla Peu, Kecamatan Balla. Dari situlah nantinya pelancong akan memulai pendakian menuju puncak Buntu Liarra.

"Pendakiannya tidak begitu lama, hanya sekitar 30-45 menit untuk mencapai puncak Buntu Liarra," ucap Karina.

Biasanya, terang Karina, para pelancong memilih menginap di puncak Buntu Liarra agar bisa menikmati awan berarak saat pagi hari. Selain itu pelancong juga dapat menikmati hangatnya matahari terbit dari lokasi tersebut.

"Saya selalu menginap, karena negeri di atas awan hanya bisa dinikmati dipagi hari. bisa sambil menikmati sunrise juga" dia memungkasi.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

Loading