Sukses

Waspada, Sejumlah Daerah di Papua Berpotensi Banjir

Memasuki musim penghujan pada November 2019, Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V Jayapura mengingatkan adanya potensi banjir di sejumlah daerah di Papua.

Liputan6.com, Papua - Memasuki musim penghujan pada November 2019, Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V Jayapura mengingatkan adanya potensi banjir di sejumlah daerah di Papua. 

Kepala BBMKG Wilayah V Jayapura, Petrus Demon Sili mengatakan, prakiraan daerah potensi banjir rendah terjadi di Kabupaten Deiyai, tepatnya di Bowobado, Kapi Raya dan Tigi Barat. Prakiraan banjir di Kabupaten Dogiyai, tepatnya di Dogiyai, Kamu Selatan, Mapia, Mapia Barat, dan Mapia Tengah.

Selanjutnya, prakiraan banjir di Kabupaten Jayapura, tepatnya di Ebungeao, Gresi Selatan, Kaureh, Kemtuk, Kemtuk Gresi, Sentani dan Sentani Timur. Kabupaten Keerom, prakiraan banjir terjadi di Arso Barat, Arso Timur, Senggi, Skanto, dan Waris.

Kemudian, di Kota Jayapura, prakiraanbanjir terjadi di Abepura, Heram, dan Jayapura Selatan. Di Kabupaten Mamberamo Raya, prakiraan banjir terjadi di Mamberamo Hulu, Mamberamo Tengah, dan Rufaer. Kabupaten Mamberamo Tengah, prakiraan banjir terjadi di Megambilis.

Kabupaten di Timika, prakiraan banjir terjadi di Amar, Iwaka, Timika Barat, Timika Tengah, Timika Timur, Timika Baru, Timika Timur Jauh, dan Wania. Kabupaten Nabire, prakiraan banjir terjadi di Nabire, Makimi, Nabire Barat, Teluk Kimi, Teluk Umar, Uwapa, Wanggar, Yaro, dan Yaur.

Petrus mengatakan, daerah yang berpotensi terjadi banjir menengah diprakirakan di Kabupaten Deiyai, tepatnya di Bowobado, dan Tigi Barat. Kabupaten Dogiyai prakiraan banjir menengah terjadi di Dogiyai, Kamu, Kamu Selatan, Mapia, Mapia Barat, dan Mapia Tengah.

"Di Kabupaten Jayapura, prakiraan banjir terjadi di Ebungeao, Gresi Selatan, Kaureh, Kemtuk, Kemtuk Gresi, Sentani Timur dan Yapsi. Di Kabupaten Keerom prakiraan banjir terjadi di Arso Barat, Arso Timur, Mannem, Senggi, Skanto, dan Waris," ujarnya seperti dikutip Antara, Jumat (1/11/20019).

Selanjutnya, di Kota Jayapura, prakiraan banjir menengah terjadi di Abepura. Kabupaten Mamberamo Raya, prakiraan banjir menengah terjadi di Mamberamo Hulu, Mamberamo Tengah, dan Rufaer. Kabupaten Mamberamo Tengah, prakiraan banjir terjadi di Megambilis.

Kabupaten Timika, kata dia, prakiraan banjir menengah terjadi di Iwaka, Kuala Kencana, Kwamki Narama, Timika Barat, Timika Baru, Timika Timur Jauh, Tembagapura dan Wania. Kabupaten Nabire, prakiraan banjir terjadi di Dipa, Makimi, Nabire Barat, Siriwo dan Uwapa. Prakiraan banjir menengah juga terjadi di Paniai tepatnya di Bibida dan Paniai Timur.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.