Sukses

Mengintip Rancangan Asrama Haji Mewah Sumut Dekat Bandara Kualanamu

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) akan memindahkan Asrama Haji Medan ke lahan baru di Batangkuis, Kabupaten Deli Serdang. Pemindahan ini untuk memudahkan para jemaah haji.

Liputan6.com, Medan - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) akan memindahkan Asrama Haji Medan ke lahan baru di Batangkuis, Kabupaten Deli Serdang. Pemindahan untuk memudahkan jemaah haji.

Selain memindahkan Asrama Haji, juga akan dibangun Rumah Sakit Haji bertaraf internasional guna meningkatkan layanan kesehatan masyarakat. Terkait hal ini, Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi meminta doa restu para ulama.

Edy meminta doa restu dalam acara Koordinasi Dakwah Islam Sumut 2019 di Hotel Garuda Plaza, Jalan Sisingamangaraja, Nomor 18, Kota Medan. Asrama Haji yang baru akan dibangun di lahan bekas Hak Guna Usaha (HGU) PTPN II dengan luas sekitar 50 hektare.

"Saya minta izin dan doa kepada orang tua dan saudara-saudara sekalian. Kami ingin memindahkan Asrama Haji, yang lokasinya dekat dengan Bandara Internasional Kualanamu," ucap Edy, Kamis (15/8/2019).

Dia menjelaskan, di Asrama Haji yang baru nantinya akan ada lokasi menyerupai Makkah, Madinah, dan Jeddah. Diharapakan, peserta haji nanti sudah ada gambaran ketika sampai di Tanah Suci. Fasilitasnya seperti kesehatan, hotel, dan lainnya, juga akan dipenuhi.

Pemindahan Asrama Haji merupakan bagian dari masterplan pembangunan fasilitas Islamic Centre dan Sport Centre di Deli Serdang. Asrama Haji yang baru lokasinya akan berdekatan dengan Sport Centre yang akan dibangun.

"Untuk memperlancar pembangunan, saya terus berkoordinasi dengan Kementerian Agama yang merupakan pengelola Asrama Haji,” ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fasilitas Lain

Selain Asrama Haji, orang nomor satu di Sumut ini juga akan membangun Rumah Sakit Haji dengan desain yang lebih baik, dan fasilitas yang lebih lengkap. Rumah Sakit Haji yang baru akan bertaraf internasional, sehingga masyarakat Sumut mendapat pelayanan kesehatan yang layak.

"Jadi, nanti masyarakat Sumut tidak perlu lagi ke Penang. Rumah Sakit Haji kita akan bertaraf internasional. Target, semua selesai di tahun 2023, karena jabatan saya hanya sampai tahun 2023," Edy mengungkapkan.

Edy meminta doa restu kepada para ulama yang hadir pada acara Dakwah Islam Sumut 2019 seperti Ketua Umum MUI Sumut, Abdullah Syah, Ustaz Shohibul Ansor, dan Ustaz Sakhira Zandi, agar rencana berjalan dengan lancar.

Sekretaris Umum MUI Sumut, Ustaz Ardiansyah, merespons positif rencana Pemprov Sumut yang ingin membenahi Asrama Haji dan Rumah Sakit Haji. Ustaz Ardiansyah berharap agar rencana Edy membangun Sumut berjalan dengan lancar dan dipermudah prosesnya.

"Kita menyambut baik rencana pembangunan ini. Semoga bisa terealisasi tepat waktu. Kami mendoakan Edy agar diberi kesehatan dan diberi kelancaran dalam bekerja," sebutnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.