Sukses

Api Berkobar di Lereng Sumbing

Liputan6.com, Wonosobo - Hutan Gunung Sumbing sejak Minggu (11/8/2019) petang dikabarkan kembali terbakar. Asap dan api mulai terlihat sejak jam 16.50. Adapun areal yang terbakar masuk wilayah Kabupaten Wonosobo.

Informasi di lapangan menyebutkan bahwa lokasi yang terbakar berada di jalur Dusun Larangan Desa Banyumudal Kecamatan Sapuran, Kabupaten Wonosobo. Anggota Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonosobo, Sabarno mengaku mendapat informasi dari sukarelawan di wilayah Desa Banyumudal.

"Menurut informasi dari Banyumudal, kebakaran hutan Gunung Sumbing sampai sekarang belum padam," kata Sabarno.

Atas peristiwa itu, Sabarno langsung melaporkan ke Kepala Seksi (Kasi) Kedaruratan BPBD Wonosobo. Selain itu ia dan kawan-kawannya terus memonitor perkembangan.

"Kita masih memantau sambil menunggu intruksi tindakan apa yang dibutuhkan. Menentukan langkah taktis memadamkan kebakaran hutan Gunung Sumbing," katanya.

Sebelumnya, peristiwa serupa pernah terjadi pada 11 Oktober 2018. Ketika itu Kebakaran di petak 23-2 Resor Pemangku Hutan Kemloko. Kebakaran tahun lalu itu diawali dari petak 23-10, namun kemudian terus bergeser karena tiupan angin dan saat ini kebakaran terjadi di petak 23-2 RPH Kemloko, Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Temanggung.

Simak video tentang kebakaran hutan Gunung Sumbing di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Gunung Sumbing Kembali Terbakar
Artikel Selanjutnya
Cerita Tim SAR Evakuasi Puluhan Pendaki Saat Gunung Sumbing Terbakar