Sukses

Perkenalkan Briptu Clara, Polwan Cantik Penyelam Pemecah 3 Rekor Dunia

Liputan6.com, Cilacap - Nama Polwan cantik ini, Clara Claudia Shobahaqila Gusanla. Empat tahun sudah ia bertugas di Kepolisian Resor Cilacap, di Satuan Lalu Lintas.

Clara adalah salah satu anggota penyelam yang berhasil memecahkan rekor dunia atau Guinness World Records (GWR) dalam olah raga selam. Bersama anggota Wanita Selam Indonesia (WASI) dan ribuan penyelam lainnya, ia menorehkan prestasi yang membanggakan.

Tiga rekor dunia itu adalah penyelaman massal terbanyak (Most People Scuba Diving) dan pembentangan bendera terbesar di bawah air (Largest Unfurled Flag Underwater) sepanjang 1.014 meter.

"Kemudian rekor rangkaian manusia terpanjang di bawah air atau Longest Human Chain Underwater," ucap Polwan cantik ini dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Senin, 5 Agustus 2019.

Dia menjelaskan, tim penyelam berhasil melakukan penyelaman massal terbanyak dengan 3.131 peserta. Adapun bendera yang dibentangkan sepanjang 1.014 meter. Rekor itu dipecahkan pada Sabtu, 3 Agustus 2019.

Sebelumnya pada Kamis, 1 Agustus 2019, WASI dan ratusan penyelam telah berhasil memecahkan rekor rangkaian manusia terpanjang di bawah air.

Pengumuman rekor tersebut disampaikan Mrs. Solvej Malouf, selaku Guinness World Records Adjudicator. Dan Clara menjadi bagian penting dari pemecahan tiga rekor dunia itu.

Polwan cantik lulusan 2014 itu mengaku telah menyukai olahraga selam sejak menempuh pendidikan SMA. Hobi itu lantas dilanjutkan sehingga ia menjadi penyelam profesional.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Pesan di Balik Pemecahan Rekor Dunia Selam

Clara sudah empat tahun bertugas di Cilacap. Di Cilacap, ia meneruskan olahraga menyelamnya, hingga ada kesempatan untuk turut menjadi bagian pemecahan rekor dunia.

Dia pun bangga bisa berpartisipasi menjadi salah satu peserta yang berhasil memecahkan rekor dunia. Prestasi itu semakin membuatnya jatuh hati kepada olahraga menyelam.

"Kalau tahun depan ada event lagi, ingin ikut berpartisipasi lagi," ungkap Clara.

Ketua WASI Tri Tito Karnavian mengatakan, pemecahan rekor itu bakal menjadi pengalaman yang luar biasa. Sebab ini adalah puncak kerja keras seluruh panitia selama satu tahun untuk mencatatkan tiga rekor selam sebagai kebanggaan bangsa Indonesia di dunia internasional.

"Memang seharusnya kita punyai mengingat kita negara kelautan terbesar di dunia dengan kekayaan alam yang tidak ternilai," ucap Tri, dalam keterangan tertulis.

Terlebih, ini bertepatan dengan momentum ketika Indonesia berusia 74 tahun. Dia pun berharap agar prestasi membanggakan itu menjadi kado indah bagi bangsa Indonesia.

"Harapannya tidak berhenti di sini. Namun menjadi motivasi bagi generasi lainnya untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia," dia menerangkan.

Tri menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh pihak yang terlibat, tak terkecuali Polri, TNI, maupun komunitas selam seluruh Indonesia. Ia juga berharap agar pemecahan rekor ini bisa menjadi kampanye agar agar masyarakat menjaga laut.

"Gunakan bahan plastik dengan bijaksana dengan tidak membuang sampah sembarangan," dia menegaskan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Bripda Indah, Si Cantik Pemadam Karhutla Perbatasan