Sukses

Live Report:PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID II

Cuaca Buruk di Selat Bali, Dermaga Ponton Pelabuhan Ketapang Rusak

Liputan6.com, Banyuwangi - Cuaca buruk yang terjadi di Selat Bali mengakibatkan dermaga ponton, Pelabuhan Penyeberangan Ketapang rusak, Minggu, 12 Mei 2019. Tabung ponton yang menjadi penyangga dermaga 4 terlepas. Dermaga ini pun sementara waktu tidak bisa difungsikan untuk bongkar muat penyeberangan.

"Silinder ponton terlepas sehingga membuat tabung ponton yang menjadi penyangga dermaga terlepas. Peristiwa itu murni karena faktor cuaca buruk. Sebelum peristiwa terjadi ombak sangat besar bahkan mencapai daratan," kata Manager Teknik dan Pemeliharaan PT ASDP Ketapang, Gunawan.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 12.35 WIB. Ketika itu KMP Trisila Bhakti 2 sedang bongkar di dermaga tersebut. Saat baru dua kendaraan turun dari kapal ombak besar datang. Nakhoda kapal kemudian memutuskan menutup kembali ramdoor kapal. Kapal kemudian melakukan bongkar di dermaga lain.

"Kita langsung aksi mudah-mudahan bisa segera selesai. Perbaikan dermaga ini kemungkinan akan memakan waktu 1 sampai 3 hari ke depan," jelasnya ditemui di kantornya.

Dengan adanya perbaikan ini dermaga ponton tidak bisa digunakan. Begitu juga dengan dermaga ponton yang berada di Pelabuhan Gilimanuk juga tidak beroperasi. Untuk sementara, kapal yang biasanya bongkar muat di dermaga Ponton dialihkan ke dermaga yang lain.

General Manager PT ASDP Ketapang, Fahmi Alweni, bersyukur peristiwa itu terjadi sebelum musim mudik lebaran. Sehingga fasilitas tersebut bisa segera diperbaiki. Sehingga, pada saat musim mudik lebaran sudah bisa digunakan.

"Dermaga ponton ini sebenarnya sudah masuk agenda perbaikan. Kita rencanakan setelah perbaikan dermaga 3," ujarnya, dihubungi melalui sambungan telepon.

Hingga hari ini, Selasa (14/5/2019), dermaga masih dalam proses perbaikan. Diharapkan, besok, perbaikan dermaga selesai dan bisa segera kembali beroperasi.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Bupati Anas Minta BNPB Gunakan Helikopter Pengeboman Air Atasi Kebakaran Hutan Ijen
Artikel Selanjutnya
Wagub Sumut Ajak Tiga Kepala Daerah Melihat Pengelolaan Pariwisata Banyuwangi