Sukses

Mobil Basarnas Bawa Penjernih Air bagi Korban Banjir Bandung Selatan

Badan SAR Nasional Jawa Barat mengoperasikan mobil water treatment di kawasan banjir Kabupaten Bandung.

Liputan6.com, Bandung Badan SAR Nasional Jawa Barat mengoperasikan mobil water treatment di kawasan banjir Kabupaten Bandung. Kendaraan yang membawa mesin penjernih air itu dapat mengubah air banjir menjadi jernih dan laik pakai. 

"Unit water treatment akan diaktifkan di sana, gunanya untuk memberikan pasokan air bersih layak pakai terhadap warga yang terdampak banjir," ujar juru bicara Kantor SAR Bandung Joshua Banjarnahor, Rabu (10/4/2019).

Menurut Joshua, mesin tersebut akan disiagakan selama warga korban banjir membutuhkan. Tujuannya memudahkan masyarakat mendapatkan air bersih. Sebab, saat banjir melanda air bersih menjadi sangat langka.

"Hingga saat ini ketinggian air sudah berangsur surut dan Kantor SAR Bandung menerjunkan kendaraan water treatment untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat sekitar," ujarnya.

Selain menurunkan mesin penjernih air, kata Joshua, SAR juga menyiagakan empat tim untuk membantu wilayah banjir di Bandung Selatan.

"Bila mana ada yang membutuhkan evakuasi, kami akan melakukan pertolongan secepatnya," ujar Joshua.

Menurut dia, sejak seminggu terakhir tim pertolongan Kantor SAR Bandung disiagakan untuk menolong warga yang terkena dampak banjir Bandung Selatan.

"Tim memobilisasi kebutuhan para warga dan juga membantu PLN dalam menyalakan gardu-gardu listrik di sekitaran Baleendah-Andir," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.