Sukses

Ribuan Tatung Siap Meriahkan Cap Go Meh Singkawang

Sebanyak 1.040 tatung akan memeriahkan gelaran Cap Go Meh di Singkawang, Kalimantan Barat.

Liputan6.com, Singkawang - Cap Go Meh siap digelar di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Selasa (19/2/2019). Sebanyak 1.040 tatung akan memeriahkan salah satu perayaan Cap Go Meh terbesar di Indonesia itu.

Humas Panitia Imlek dan Cap Go Meh Singkawang, Budiman, seperti dikutip laman Antara, Senin (18/2/2019) mengatakan, jelang Festival Cap Go Meh, Polres Singkawang bersama panitia kembali mengundang para tatung yang akan tampil, di Gedung Singkawang Cultural Center (SCC). Pada pertemuan yang kita laksanakan Sabtu kemarin.

"Kita meregistrasi ulang guna mengetahui berapa jumlah tatung yang akan tampil pada Festival Cap Go Meh yang akan dibuka Besok," kata Budiman.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres Singkawang AKBP Raymond M Masengi mengatakan, dikumpulkannya kembali para tatung untuk mengingatkan kembali sesuai komitmen yang sudah disepakati bersama.

Karena, di dalam kepanitiaan, sudah ada aturan yang mengikat dari para tatung yang bakal tampil. Antara lain, pertama, tatung tidak diperbolehkan membawa atribut-atribut partai. Kedua, tatung tidak diperbolehkan menampilkan aksi yang sifatnya sadisme. Ketiga, tatung tidak diperbolehkan membawa simbol-simbol agama.

Keempat, dalam pawai tatung tidak diperbolehkan keterlibatan anak-anak. Kelima, walapun Cap Go Meh dimulai dari pagi sampai sore, para tatung diingatkan untuk bisa menghormati saudara-saudara Muslim untuk melaksanakan ibadah dengan khusuk dan tenang.

"Artinya, ketika memasuki waktu sholat, mohon hal-hal yang dapat mengganggu kekhusukan sholat seperti bunyi-bunyian ditiadakan," pintanya.

Raymond menambahkan, pada event tersebut pihaknya sudah menyiapkan personel untuk melakukan pengamanan. Sehingga, para wisatawan yang datang ke Kota Singkawang, bisa merasa nyaman saat menyaksikan event tersebut.

Dia juga berharap, agar warga Singkawang dapat menyambut tamu-tamu dengan baik, sehingga dapat menunjukkan citra Kota Singkawang sebagai kota tertoleran di Indonesia.

Salah satu peserta tatung Singkawang, Mansyah Kurata menyatakan siap untuk mengikuti aturan yang sudah ditetapkan panitia.

Dia berharap, di perhelatan Cap Go Meh tahun ini, banyak wisatawan yang datang ke Kota Singkawang.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.