Sukses

Live Report:PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID II

Gulita Sejak RI Merdeka, Desa di Bengkalis Kini Terang Benderang

Liputan6.com, Pekanbaru - Tahun 2019 menjadi spesial bagi warga Desa Tasik Tabung Serai, Kabupaten Bengkalis, Riau. Pasalnya, sejak Indonesia merdeka hingga akhir tahun 2018 lalu, masyarakat di sana akhirnya bisa menikmati malam tanpa kegelapan karena sudah dialiri listrik.

Senior Manager SDM & Umum PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau, Habibollah, menyatakan kado ini dibuat dengan nilai investasi sebesar Rp 8,5 miliar.

Pembangunan jaringan listrik memakan waktu cukup lama karena pembangunan jaringan baru.

"Yang dibangun adalah jaringan tegangan menengah 14,57 kMS, jaringan tegangan rendah 16,48 kMS dan 4 buah trafo distribusi dengan total daya 350 kVA," sebut Habibollah, Kamis, 3 Januari 2019.

Dia menyebutkan, kado awal tahun ini diresmikan sebelum pergantian tahun kemarin.

Ratusan masyarakat desa yang masuk Kecamatan Talang Mandau ini antusias menyaksikan seremonial yang juga dihadiri pejabat daerah setempat.

"Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada Kabupaten Bengkalis khususnya Desa Tasik Tebing Serai karena masyarakat sudah dapat menikmati listrik PLN, sudah 100 persen," ujar Habibollah.

2 dari 2 halaman

12 Desa Teraliri Listrik

Sementara itu, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Bengkalis Heri Indra Putra mengucapkan terimakasih kepada PLN. Dia pun berharap perekonomian masyarakat desa meningkat.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada PLN telah memenuhi permintaan masyarakat selama ini. Semoga taraf hidup masyarakat dapat lebih baik lagi," ujar Heri.

Heri juga mengimbau masyarakat setempat menjaga infastruktur yang telah dibangun oleh PLN.

Tak hanya Tasik Tebing Serai yang merdeka dari 'kegelapan', 11 desa lainnya di empat Kabupaten di Provinsi Riau pun menikmati listrik PLN pada awal tahun ini.

Delapan desa di Kabupaten Indragiri Hilir, dua desa di Kabupaten Kepulauan Meranti, dan satu desa di Kota Dumai.

Dengan adanya tambahan 12 desa tersebut, tambah Habibollah, hingga awal tahun 2019 PLN telah melistriki 1.761 desa dari 1859 desa di Provinsi Riau.

"Rasio Desa berlistrik kini telah meningkat menjadi 94,73 persen dan masih ada 98 desa lagi yang masih harus kita listriki," kata Habibollah. 

Simak video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Ini Kelebihan Pakai Kompor Induksi
Artikel Selanjutnya
Cegah Mati Lampu saat Pelantikan Presiden, Bos PLN Lakukan Sidak