Sukses

Penampakan Pesawat Tempur F-16 dalam Pawai Kirab Bendera HUT ke-73 TNI

Pekanbaru - Pawai kirab bendera merah putih 2018 di Kota Pekanbaru berlangsung meriah. Atraksi pesawat tempur dari Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, menambah kemeriahan pawai yang berlangsung pada Sabtu, 29 September 2018 itu. 

Informasi yang diterima Riauonline.co.idtak tanggung-tanggung, dua unit pesawat tempur F-16 dari Skadron Udara Lanud Roesmin Nurjadin dilibatkan dalam rangka peringatan HUT ke-73 TNI tersebut.

"Kita menurunkan dua pesawat tempur F-16 dari skadron udara Lanud Roesmin Nurjadin dalam pawai kirab bendera merah putih," kata Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, Sabtu, 29 September 2018.

Dalam aksinya, dua unit pesawat tempur itu melakukan beberapa kali flypas saat iring-iringan bendera berada di atas kediaman Gubernur Riau. Aksi ini membuat decak kagum dari seluruh lapisan masyarakat yang telah berkumpul.

Tak hanya itu, Lanud Rsn juga turut berperan penting dalam penyelenggaraan kirab bendera ini di provinsi ke dua, Pekanbaru. Bendera yang dibawa dengan menggunakan pesawat milik TNI AU dari lokasi pertama, Sabang dan Banda Aceh tiba sampai dengan selamat di landasan pacu.

"Setelah menerima bendera merah putih, bendera kita serahkan kepada prajurit TNI dan diarak menuju kediaman Gubernur Riau," imbuhnya.

Sebelumnya, setelah perdana dilakukan di kota Sabang dan Banda Aceh, pawai kirab bendera merah putih dalam rangka memperingati HUT ke-73 TNI dilakukan di kota Pekanbaru pada Sabtu, 29 September 2018 pukul 7.30 WIB.

Pawai ini bertujuan untuk membangkitkan jiwa nasionalisme dan menunjukkan bahwa tidak ada jarak antara TNI dengan rakyat karena TNI berasal dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

Kapenrem 031/WB Mayor Inf Sunarto mengatakan bahwa kirab bendera merah putih ini akan dibawa langsung oleh pasukan inti dari tiga matra yaitu TNI AD, TNI AU, dan TNI AL.

"Untuk Kota Pekanbaru, kirab bendera ini akan dimulai dari Gedung Daerah Riau kemudian menuju sepanjang jalan Gajah Mada dan akan berakhir di bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru yang dibawa oleh pasukan TNI ," Katanya, Jumat, 28 September 2018.

 

Baca berita menarik lainnya dari Riauonline.co.id di sini.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Korban Banjir Yogyakarta Mengungsi di Stadion Cangkringan
Loading
Artikel Selanjutnya
Asap Selimuti Pekanbaru, Jarak Pandang Terbatas
Artikel Selanjutnya
Petugas Tangkap Pemasang Jerat Maut Harimau Sumatera