Sukses

Bus Tingkat 'Adik' Werkudara Siap Manjakan Wong Solo Saat Lebaran

Liputan6.com, Solo Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menerima pemberian bus tingkat baru dari Tahir Foundation. Bertambahnya armada baru, kini Solo memiliki dua armada bus tingkat yang dioperasikan sebagai bus wisata.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Hari Priatno mengatakan bus tingkat yang baru tiba di Solo pada Kamis malam, 24 Mei 2018. Bus tersebut diserahkan oleh Tahir Foundation kepada Pemkot Solo.

"Bus tingkat yang baru itu merupakan hibah dari Tahir Foundation melalui CSR Bank Mayapada. Tiba di sini (Dishub) pada Kamis malam sekitar pukul 20.00 WIB," kata dia di Solo, Jumat, 25 Mei 2018.

Menurut dia, pemberian hibah bus tingkat baru itu sengaja dilakukan sebelum Lebaran. Hal ini dilakukan supaya bus dengan warna kuning tua itu bisa dioperasikan menjadi bus wisata saat libur Lebaran nanti.

"Setelah dihibahkan ke Solo, Tahir Foundation itu maunya sebelum hari raya. Ya, supaya nanti bisa menjadi pendamping bus sesepuh Werkudara sebagai bus wisata saat Lebaran nanti," jelas dia.

Bus tingkat yang baru itu, lanjut Hari, berbeda dengan bus tingkat pendahulunya, Werkudara. Kalau bus yang lama bagian jendelanya terbuka, sedangkan yang bus tingkat baru ini semuanya tertutup dan berpendingin udara. "Ini beda dengan yang lama. Semuanya AC jadi untuk jarak jauh memungkinkan," kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

2 dari 2 halaman

Kapasitas Penumpang Bus Tingkat

Hari menjelaskan kapasitas bus yang disokong dengan mesin Mercedes Benz itu berjumlah sekitar 70 tempat duduk. Dari jumlah itu terbagi ke dalam dua lantai, yakni lantai bawah dan atas.

"Untuk yang lantai atas itu kapasitasnya sekitar 60 seats  sedangkan yang bawah ada sekitar 17 seats. Bawah lebih sedikit karena separuhnya adalah mesin," ucapnya.

Bus hasil rakitan karoseri Nusantara itu nantinya digadang bisa beroperasi lintas wilayah hingga ke daerah di luar Solo. Diharapkan para wisatawan selain menikmati obyek wisata di Solo, juga bisa menikmati wisata di sekitar Solo.

"Ya, inginnya sih bus itu bisa sampai lintas wilayah seperti sampai di Solo Baru, Sukoharjo maupun hingga ke Boyolali. Selain menikmati wisata Solo juga wisata daerah di sekitar Solo," harapnya.

Untuk tiket naik bus tingkat baru itu, Hari menyebutkan besaran harga tiketnya masih sama dengan bus tingkat pendahulunya sekitar Rp20 ribu per tiket. Selain melayani penjualan tiket secara retail, bus tingkat wisata itu juga melayani pembelian paket.

"Harganya tiketnya tidak berbeda. Nanti untuk pemesanan pembelian tiket secara retail bisa di Kantor Dishub. Untuk retail, biasanya akan dilayani untuk Sabtu, Minggu dan hari libur," ungkapnya.