Sukses

Detik-Detik Menghilangnya Tahanan Usai Sidang di PN Pekanbaru

Dia mencari celah pengawasan aparat. Begitu terasa aman, wussss... Dia menghilang.

Pekanbaru - Aksi seorang tahanan kasus pencurian di Pekanbaru ini bikin heboh. Bagaimana tidak, dia melarikan diri usai menjalani sidang di Pengadilan Negeri Pekanbaru, Provinsi Riau, Kamis, 24 Mei 2018 sore, dengan memanfaatkan kelalaian aparat penegak hukum.

Dari pantauan di Pengadilan Negeri Pekanbaru, terdakwa bernama Zulham tersebut kabur saat baru saja menjalani sidang di salah satu ruang sidang di lantai dua sekitar pukul 15.00 WIB.

Informasi yang diperoleh Riauonline.co.id, Zulham merupakan terdakwa kasus dugaan pencurian sarang burung walet yang dijerat dengan Pasal 363 KUHPidana. Sebelum kabur, terdakwa sempat ikut jalannya sidang agenda keterangan saksi yang dipimpin hakim Fatimah, dengan hakim anggota Khamazaro Waruwu dan Riska.

Terdakwa memanfaatkan kelalaian petugas saat menuruni tangga samping kiri PN Pekanbaru. Seorang perempuan dikabarkan ikut bersama pelaku. Namun, belum diketahui identitas perempuan tersebut.

Kepala Seksi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Pekanbaru, Bambang, masih enggan berkomentar setelah insiden kaburnya tahanan tersebut. "Sebentar ya," kata Bambang sambil bergegas pergi ke sel tahanan PN Pekanbaru.

Sementara, jaksa penuntut umum (JPU) terdakwa, Oka Regina, membenarkan bahwa terdakwa terlibat pencurian sarang burung walet. Dalam perkara pencurian ini, terdakwa beraksi bersama dua rekannya.

 

Baca berita menarik lainnya dari Riauonline.co.id di sini.

Simak video pilihan berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanggung Jawab Jaksa

Kaburnya Zulham membuat panik petugas dari kejaksaan dan kepolisian yang diperbantukan di PN Pekanbaru. Mereka melakukan penyisiran, tapi pelaku tidak ditemukan.

Menanggapi kaburnya terdakwa, Humas PN Pekanbaru, Martin Ginting, menyatakan masalah pengamanan adalah tanggung jawab jaksa. Hakim hanya bertanggung jawab saat terdakwa di ruang persidangan.

"Saat terdakwa transit hingga ke tahanan adalah tanggung jawab jaksa. Hakim hanya sebatas ruang sidang," kata Martin.

Atas kejadian tersebut, Martin mengimbau kejaksaan tetap melakukan pengawalan ketat meski saat bulan Ramadan.

Lebih jauh, saat disinggung tentang kecukupan ruang sidang, Martin menyatakan tidak ada masalah. "Sudah memadai, belum ada istilah tidak tertampung," pungkas Martin.

Kaburnya terdakwa dari PN Pekanbaru saat bulan Ramadan bukan yang pertama kali terjadi. Beberapa tahun lalu, seorang tahanan juga kabur usai sidang, jelang dua hari Lebaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.