Sukses

Penyebab Belasan Kereta Jalur Selatan Terlambat Lebih dari 3 Jam

Liputan6.com, Purwokerto - Belasan perjalanan kereta api di jalur selatan Jawa Tengah wilayah Daerah Operasi (Daop 5) Purwokerto mengalami keterlambatan lantaran kerusakan pelat andas pada bantalan rel antara Stasiun Kebumen-Stasiun Soka, Kebumen, Jawa Tengah, Selasa 22 Mei 2018, dini hari hingga siang.

Diduga pelat andas bantalan rel BH 1751 pada Kilometer 449+8/9 ini miring lantaran adanya galian dalam pekerjaan jalur ganda yang berdekatan dengan jalur yang sudah ada. Gangguan di pelat andas diketahui pertama kali pada pukul 00.38 WIB oleh satker pelaksana pembangunan rel ganda.

Berdasarkan laporan satker tersebut, Petugas Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA) Kebumen meneruskan laporan itu pada Pusat Pengendali Operasi Kereta Api (Pusdalopka). Kepala Resort Jalan Rel 5.15 Kebumen lantas mengerahkan tim dan mengamankan jalur rel yang rusak tersebut.

 

Selama perbaikan, jalur dipasang "Semboyan 3" yang berarti tidak boleh dilalui KA. Kereta api baru bisa melintas secara darurat mulai pukul 04.40 WIB, dengan kecepatan dibatasi lima kilometer per jam.

Akibat penutupan jalur, belasan kereta di jalur selatan Jawa Tengah ini pun terlambat. Sejak kejadian hingga Selasa pagi, tercatat ada 11 kereta yang terlambat. Enam di antaranya mengalami keterlambatan lebih dari tiga jam sesuai jadwal.

"Malam ada KA Kahuripan, Mutiara, Lodaya, Sawunggalih, terus Senja Utama Jogja, Senja Utama Solo itu kelambatannya ada dan lebih dari 3 jam. Itu pas sahur," ucap Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 5 Purwokerto, Ixfan Hendriwintoko, kepada Liputan6.com, Selasa siang.

Adapun mulai Selasa pagi hingga siang, ada tiga kereta api yang terlambat. Tiga KA tersebut yakni, Wijayakusuma, Sawunggalih, dan Fajar Utama.

 

2 dari 2 halaman

Kondisi Jalur Kereta Api Usai Perbaikan Sementara

Siang ini, jalur telah diperbaiki dengan memasang bantalan kayu sebagai penanganan sementara. Namun, kecepatan kereta di titik perbaikan masih dibatasi untuk mengantisipasi hal-hal yang tak dinginkan.

"Andas sudah diperbaiki, dengan ditopang bantalan kayu tadi. Kecepatannya masih dibatasi, untuk sementara, untuk selanjutnya ditangani agar kembali ke kecepatan normal," dia menerangkan.

Lebih lanjut Ixfan menerangkan, bagi kereta api yang mengalami keterlambatan lebih dari tiga jam PT KAI memberikan "Service recovery" sesuai dengan peraturan yang berlaku. Di antaranya, kesediaan PT KAI mengantar ke titik tujuan yang masih berada dalam jangkauan.

Berikut daftar kereta yang sempat terlambat hingga Selasa:

- KA 182 Kahuripan Stasiun Soka terlambat 223 menit

- KA 124 Sawunggalih Stasiun Sruweng terlambat 212 menit

- KA 82 Lodaya Stasiun Karanganyar terlambat 206 menit

- KA 120 Senja Utama Yogya Stasiun Karanganyar terlambat 194 menit

- KA 50 Turangga Stasiun Gombong  terlambat 171 menit

- KA 8 Argolawu Stasiun Gombong  terlambat 137 menit

- KA 91 Malabar Stasiun kebumen  terlambat 203 menit

- KA 111 Mutiara Selatan Stasiun Wonosari  terlambat 175 menit

- KA 204 Kutojaya Selatan Stasiun Tambak terlambat 70 menit

- KA 152 Bogowonto Stasiun Sumpiuh terlambat 48 menit

- KA 116 Senja Utama Solo Stasiun Kemranjen terlambat 53 menit

- KA 186 Progo Stasiun Kroya terlambat 23 menit

 

Simak video pilihan berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Waspada, Narkoba Menyelundup ke Pesantren dan Panti Asuhan
Artikel Selanjutnya
Uji Coba Campuran Minyak Sawit dengan Solar untuk Kereta Api Berhasil