Sukses

Berburu Air Keramat dari Akar Pohon Elo

Warga yang berburu air keramat dari akar pohon elo, tak lupa bawa botol untuk dibekal pulang.

Pati - Warga Kabupaten Pati bagian utara dihebohkan dengan fenomena alam langka, yakni ditemukannya sumber mata air yang keluar dari batang pohon elo (tua) di Desa Pondohan, Kecamatan Tayu.

Ratusan warga setiap hari berebut mengambil air, yang lokasinya di komplek makam kiai Mustofa tersebut. Mereka datang dari Grobogan, Kudus, Rembang, dan Jepara. Mereka membawa botol bekas air mineral, lalu diisi dengan mata air dari pohon, kemudian diminum atau dibawa pulang.  

Air sumber batang pohon elo tersebut dipercaya bisa untuk menyembuhkan penyakit, membuat awet muda, dan untuk menjauhkan tanaman pertanian dari penyakit (kalis).

"Saya minum airnya dan saya bawa pulang. Warga di sini percaya air ini berkhasiat,” kata Supriyadi, warga Kayen kepada KRJOGJA.com, Kamis, 26 April 2018.

Tokoh Desa Pondohan, Kecamatan Tayu, Kiai Muhammad Aslam menuturkan air yang keluar dari pohon merupakan kuasa Tuhan. "Yang menemukan malah warga, pada 22 Rajab lalu," ujarnya.

Menurut kiai Muhammad Aslam, air keluar melalui lubang dari salah satu akar pohon  tersebut. Oleh warga, akar pohon itu kemudian dipasangkan pipa agar air mudah diambil.

"Warga percaya dengan meminum mata air tersebut dapat membawa keberkahan," ucapnya.

Baca berita menarik lainnya dari KRJogja.com di sini. 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.