Sukses

Sering Mengucek Mata Bikin Anda Cepat Tua dan Buta

Liputan6.com, Jakarta Walaupun terkadang terasa lebih baik, mengucek mata ternyata mampu membuat penglihatan Anda rusak dan wajah terlihat lebih tua.

Menurut Kepala Bidang Opthalmology Komprehensif di Duke Eye Center, Amerika Serikat, Anupama B Horne, M D, mengucek mata yang biasa dilakukan saat indera penglihatan terasa gatal, jengkel, maupun stres, dapat merangsang produksi air yang dapat membantu melembapkan mata kering dan lelah.

"Juga menghilangkan partikel yang mengganggu," kata Horne dilansir dari Men's Health pada Selasa (10/4/2018).

Alasan lain yang membuat tubuh terasa lebih segar setelah mengucek mata, karena terjadi tekanan pada bola yang menyebabkan denyut jantung berirama normal, yang kemudian mengurangi perasaan stres.

Meskipun terasa enak, gosokan yang terlalu keras dan sering, dapat merusak mata dan struktur di sekitarnya. Selain itu, jika ada debu, bulu, atau partikel asing di permukaannya, dapat menyebabkan goresan pada kornea. Hal itu akan terasa sangat sakit.

Bahkan, benda itu bisa menyebabkan kemerahan dan membuat mata lebih peka terhadap cahaya.

Mengucek mata juga bisa menyebabkan kulit di sekitar mata berwarna lebih gelap. Lingkaran berwarna hitam atau mata panda, bisa membuat Anda terlihat lebih layu dan tua.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

 

2 dari 2 halaman

Cidera Kornea Mata

Horne menambahkan, pada tingkat yang lebih jauh, beberapa pasien yang mengucek dengan berlebihan mampu menyebabkan penipisan dan perubahan bentuk kornea yang progresif. Dikenal sebagai keratoconus.

Keratoconus secara signifikan dapat mengurangi penglihatan Anda. Jika itu terjadi diperlukan pembedahan.

Orang-orang yang pernah menjalani operasi LASIK, lebih berisiko terkena infeksi karena gosokan tangan ke mata.

"Prosedur LASIK membuat bukaan lapisan di luar kornea, di mana laser digunakan untuk mengoreksi penglihatan," kata Horne. Jika mata digosok terlalu keras, hal ini dapat menyebabkan cidera pada kornea.

Sehingga, lebih baik menggunakan tetes mata daripada menguceknya. Selain itu, untuk menghilangkan stres gunakan teknik pernapasan daripada menggosok mata.

Loading